Responsive image

135 Calon Haji Pasaman Ikuti Manasik

Selasa, 24 Mei 2016 admin Keagamaan Cetak

Lubuk Sikaping - Sebanyak 135 jamaah calon haji Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mengikuti manasik tahap kedua di Aula Kogusda Lubuk Sikaping, Senin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Abdel Haq di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan, manasik haji tahap pertama telah dilakukan pada Januari lalu.

"Sebelumnya juga telah dilakukan manasik haji bagi jamaah calon haji di masing-masing kecamatan," ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah jmaah calon haji (JCH) pada tahun ini sebanyak 135 orang. Ini berkurang dari tahun lalu yang berjumlah sebanyak 146 orang.

"Untuk calon pendamping haji daerah (TPHD) tahun ini adalah Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama yang akan mengikuti tes TPHD terlebih dahulu," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan, kegiatan manasik ini sangat bermanfaat untuk mempelajari tentang ilmu dan pengetahuan tata cara pelaksanaan ibadah haji.

"Pemkab juga terus berupaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji itu dengan terus melakukan perbaikan mulai dari persiapan sampai pemulangan," katanya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada 135 JCH tersebut yang telah mendapat panggilan dari Allah SWT.

"Kami minta kepada para jamaah untuk menyiapkan diri dengan baik sebelum pelaksanaan ibadah haji. Pemahaman tentang tata cara juga harus sesuai dengan syariat-Nya sehingga dapat melaksanakannya dengan baik," katanya.

Ia meminta kepada seluruh jamaah untuk mengikutinya dengan baik dan sungguh-sungguh. Manasik ini bertujuan untuk JCH agar siap dalam melaksanakan ibadah haji.

"Jamaah calon haji Pasaman tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) enam embarkasi Padang," katanya.

Ia berharap agar JCH dari Pasaman dapat menjadi teladan bagi yang lain, menjaga nama baik daerah dan saling tolong menolong.

"Kami juga berharap saat kembali ke tanah air nantinya bisa menjadi haji yang mabrur dan menjadi contoh ditengah masyarakat," katanya. (*)

(sumber : antarasumbar.com ,Editor : Mukhlisun)