Responsive image

21 Srikandi Disambut Antusias Warga Lubuk Sikaping

Jum`at, 19 April 2013 admin Olah Raga Cetak

Lb Sikaping,

Srikandi, Inspirasi Bagi Negeri jilid 3 merupakan sebuah kegiatan yang digagas oleh beberapa perempuan yang tergabung dalam komunitas Bike to Work (B2W) Indonesia, setelah melewati perjalanan panjang dan melelahkan, Kamis (18/4) sore tiba di Kota Lubuk Sikaping.

Kedatangan  21 perempuan Indonesia yang tergabung dalam komunitas B2W Indonesia yang  menjalajahi rute Aceh ke Padang sepanjang 1,382 KM mulai dari tanggal 5 April sampai dengan 20 April 2013 dengan menggunakan sepeda itu disambut antusias warga dan pejabat Pemkab Pasaman di halaman depan rumah dinas Bupati Pasaman.

Layaknya penghargaan bagi seorang perempuan, kedatangan 21 srikandi beserta rombongan disambut dengan suguhan sirih dalam carano dengan diiringi musik. Diperbatasan Kab Pasaman dan Kab Madina Sumut, rombongan dinanti oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman dan setelah tiba di batas kota Lubuk Sikaping komunitas bersepeda Lubuk Sikaping juga telah menanti dengan setia. Sesampainya di Lubuk sikaping setelah melewati serangkaian acara penyambutan, rombongan srikandi istirahat di kediaman Bupati Pasaman sembari disuguhi sejumlah hidangan khas Pasaman.

Srikandi bersepeda ini, awalnya tujuan ini sangat sederhana, yaitu untuk meningkatkan jumlah pesepeda perempuan yang saat itu dirasa sangat minim dengan cara melakukan kampanye bersepeda dalam sebuah perjalanan jarak jauh. Untuk lebih menonjolkan unsur perempuan, maka dipilihlah momen hari Kartini pada tanggal 21 April untuk pelaksanaannya.

Perjalanan selama 15 hari akan melewati 3 propinsi dengan rute: etape 1 Banda Aceh – Sigli, etape 2 Sigli – Bireun, etape 3 Bireun – Lhoksemauwe, etape 4 Lhoksemauwe – Langsa, etape 5 Langsa – Pangkalan Brandan, etape 6 Pangkalan Brandan – Medan, etape 7 Medan – Pematang Siantar, etape 8 Pematang Siantar – Parapat, etape 9 Parapat – Tarutung, etape 10 Tarutung – Sipirok, etape 11 Sipirok – Padang Sidempuan, etape 12 Padang Sidempuan – Kotanopan, etape 13 Kotanopan – Lubuk Sikaping, etape 14 Lubuk Sikaping – Bukit Tinggi, dan etape 15 Bukit Tinggi – Padang. Seorang diantara 21 Srikandi ini adalah Rima Yulfia Pratama Mahasiswi Sastra Inggris FIB Universitas Andalas dan anggota aktif ‘MAPASTRA’ (Mahasiswa Pencinta Alam). (Wely/humas)