Responsive image

BUPATI PASAMAN H. YUSUF LUBIS BESERTA RATUSAN KADER IKUTI PENCANANGAN BULAN BAKTI DASA WISMA

Senin, 6 Maret 2017 admin Kesehatan Cetak
BUPATI PASAMAN H. YUSUF LUBIS BESERTA RATUSAN KADER IKUTI PENCANANGAN BULAN BAKTI DASA WISMA

Humas – Kominfo, 2 Maret 2017 .

Ratusan Kader Dasa Wisma dari masing masing  Nagari dan Kecamatan yang ada Kabupaten Pasaman turut meramaikan meriahnya  acara Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma yang di laksanakan di halaman Kantor Bupati Pasaman pada hari Kamis Tanggal 2 Maret 2017.

Sementara itu Ny.Atos Pratama selaku ketua Panitia menyebutkan ,Tujuan Umum diselenggarakanya acara ini adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa kebersamaan kesadaran kegotong royongan dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan sepuluh Program Pokok PKK, sedangkan untuk tujuan Khususnya antara lain Meningkatkan Kemauan dan kemampuan ketua kelompok Dasa Wisma dalam pendataan dan pencatatan , Pelaporan dan pembinaan serta pembinaan Warga dalam pelaksanaan Sepuluh Program Pokok PKK, sekaligus meningkatkan Motifasi dan semangat kerja para kader PKK dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga,

 Mira Atos Pratama menambahkan adapun acara yang di laksanakan pada kegiatan ini adalah Sosialisasi Ivotes yang di sampaikan oleh Dinas Kesehatan dan RSUD, Pengambilan kelompok Gendre oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana , Penyerahan Bibit Cabe secara simbolis kepada 12 Kecamatan dan Organisasi Wanita yang ada di Pasaman, Bazar yang di tampilkan oleh kelompok dasa Wisma , Penanda tanganan MOU atau Kesepakatan dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak , Tim Penggerak PKK, Pusat Pelayanan terpadu Perempuan dan anak , Penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Pasaman , seta Penanda tanganan MOU dengan KesbangPol tentang Penanggulangan Narkoba,

Ketua TP-PKK Ny. Gustinar Yusuf Lubis dalam sambuatnya  mengatakan kelompok Dasawisma ini merupakan motor penggerak dalam menjalankan 10 Program pokok TP-PKK tersebut.

"Namun kenyataannya saat ini masih ada kelompok Dasawisma yang belum terbentuk dan Sudah terbentuk  belum dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, ujarnya.

Oleh sebab itu, katanya untuk meningkatkan prakarsa, kemauan dan kemampuan kader PKK terutama kelompok Dasawisma perlu dilaksanakan pembinaan dan bimbingan terpadu berkesinambungan secara bertahap.

"Untuk mendukung suksesnya program tersebut maka perlu kita lakukan terobosan dengan menetapkan Pelaksanaan Bulan Bhakti Kelompok Dasawisma tingkat Kabupaten Pasaman yang dimulai dari tahun ini setiap bulan Maret, tambahnya.

Lebih rinci ia  menjelaskan ada beberapa tahap yang akan dilakukan dalam Bulan Bhakti Dasawisma tersebut yakni pada 1 hingga 6 Maret 2017 akan dilakukan pembentukan kelompok Dasawisma baru,  pada 7 hingga 12 Maret 2017 mengadakan kegiatan pembinaan mental dan pola asuh anak dan keluarga, selanjutnya pada 13 hingga 18 Maret 2017 melaksanakan pemberdayaan ekonomi keluarga dan pembinaan PAUD.

Kemudian, pada 19 hingga 24 Maret 2017 menggelar kegiatan menanam cabe serentak masing-masing sebanyak 10 batang cabe per anggota kelompok Dasawisma dan pada 25 hingga 30 Maret 2017 menggelar sosialisasi dan pelayanan IVA Test yang dilaksanakan oleh tenaga ahli dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping.

Bupati Pasaman H.  Yusuf Lubis dalam arahanya menyebutkan Pencanangan  kegiatan Bulan Bhakti Dasa wisma dalam rangka melaksanakan 10 program pokok Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK)adalah untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera. Tentunya peranan dan Keberadaan  TP-PKK ini sangat penting  dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Bupati menambahkan , "PKK ini menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Oleh sebab itu upaya tersebut perlu terus ditingkatkan dengan kemauan dan kemampuan dari seluruh kader PKK mulai dari tingkat kejorongan sampai Kabupaten hal ini merupakan langkah untuk pencapaian Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Pasaman yaitu Sejahtera Masyarakat Lahir dan Batin, Agamis dan Berbudaya untuk  lima tahun kedepan.

"Bulan Bhakti Dasawiswa inilah salah satu kegiatan PKK yang baru saja kita canangkan.nantinya  Pada tingkat kejorongan akan dibentuk kepengurusan dengan anggota dari 10 hingga 20 rumah tangga tambahnya.

Dengan telah telah dicanangkannya Bulan Bhakti Dasawisma tingkat kabupaten ini, ia berharap kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, TP-PKK, wali nagari dan kepala jorong yang ada di daerah itu untuk berperan aktif dalam mendukung dan menyukseskankegiatan yang luar biasa ini . ( Karno – Humas ).