Responsive image

Dasa Wisma Kamboja Durian Tinggi Masuk Nominasi Penilaian Tingkat Propinsi

Jum`at, 3 Maret 2017 admin Sosial Budaya Cetak
Dasa Wisma Kamboja  Durian Tinggi  Masuk Nominasi Penilaian Tingkat Propinsi

Humas – Kominfo, 3 Maret 2017.

Ibu Nelvi Irwan Prayitno turun  lansung dalam Penilaian Dasa Wisma tingkat Sumbar yang di laksanakan di Jorong Kapalo Koto Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuksikaping pada hari Jumat Tanggal 3 Maret 2017. Hadir Pada acara tersebut , Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny.Gustinas Yusuf Lubis, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny.Mira Atos Pratama, Kepala SOPD Pasaman, Pengurus Organisasi Wanita yang ada di Pasaman, Kelompok Tim Penilai Propinsi, Pegurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Nagari yang ada di Pasaman.  

Ketua Tim  Penggerak Nagari Durian Tinggi Fitri Susanti dalam Eksposnya  pada acara tersebut mengatakan,  Nagari Durian Tinggi yang terdiri dari 8 kejorongan  dengan jumlah penduduk lebih kurang  4.984 jiwa dan mempunyai target  kegiatan sebanyak 58 kelompok Dasa Wisma, dan pada Bulan Bakti Dasa Wisma  ini dia bertekad  akan mengaktifkan Kelompok dasa Wisma yang tertidur sesuai dengan apa yang diharapkan uajarnya. Selanjutnya untuk mewujudkan kegiatan 10 Program Pokok PKK  kelompok tersebut telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya; Pendirian kelompok Penyelenggara Jenazah Perempuan dan  Pembentukan Kesatuan  Remaja Mesjid Durian Tinggi (Kansremadurti), pembuatan bahan bakar pengganti minyak tanah yakni dinamakan Brio  dan pelatihan alat peraga Edukatif  sebagai alat belajar pada kelompok tersebut dan banyak lagi yang lain telah hasilkan  oleh kelompok itu,  dengan kegiatan yang telah dilaksanakan  oleh kelompok dasa Wima Kamboja tersebut sehingga bisa terpilih sebagai nominasi 6 besar tingkat Sumbar, dia berharap kepada Tim juri untuk bisa  memberikan nilai yang terbaik bagi kelompok tersebut.

Ny.Gustinar Yusuf Lubis Dalam sambutanya  menyampaikan  Perkembangan Jumlah dasa Wisma di Kabupaten Pasaman saat ini sangat meningkat  yakni dari dari 2149 buah, sekarang telah bertambah menjadi  2354 buah, untuk meningkatkan dan membenahi kelompok Dasa Wisma tersebut Pengurus  TP PKK Kabupaten Pasaman terus terjun kelapangan  memberikan penyuluhan dan latihan pada kelompok tersebut tambah Ketua TP PKK Pasaman.

Ada 5 ( Lima ) Nagari terpilih yang telah dilaksanakan pembinaanya oleh TP PKK Pasaman bersama Dinas dan Instansi terkait yang telah di SK kan oleh PKK Propinsi diantaranya,  Nagari Binjai, Nagari Alahan  Mati, Nagari Simpang tonang,  Nagari Tanjuang betung dan Nagari taruang Taruang seluruhnya telah dimulai sejak bulan September sampai dengan bulan Desember 2016 dan untuk penilaian terhadap kelompok ini juga telah dinilai oleh TP PKK Kabupaten Pasaman yang terbagi dalam 2 kelompok sejak tanggal 7 s/d 21 Desember 2016, dari hasil penilaian tersebut maka terpilihlah Dasa Wisma Kamboja  Nagari Durian Tinggi untuk mewakili Pasaman ditingkat  Sumatera Barat  tambah Gustinar Yusuf Lubis.

Sementara itu Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis sekaligus selaku Ketua Dewan pembina PKK kabupaten Pasaman  yang juga ikut hadir pada penilaian tersebut menyebutkan, apa yang di laksanakan  pada acara ini  adalah juga merupakan apa yang dikerjakanya 10 tahun yang lalu di Propinsi sebagai Tim penilai, kendatipun situasi pelaksanaan penilaian  yang sekarang berlangsung sedang hujan lebat, hal  ini tidak mengurangi semangat kita semua untuk bekerja  dan ini  adalah nikmat bagi kita semua tambahnya.

Yusuf Lubis juga menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pasaman mendukung sepenuhnya dengan daya upaya termasuk pendanaan untuk  kegiatan PKK tersebut  apa lagi yang sekarang ini dilaksanakan ujarnya, Bupati   menekankan pada seluruh SOPD terkait agar  membantu sepenuhnya  kegiatan  yang akan dilaksanakan PKK tersebut,  Bupati sangat mengapresiasi terhadap Panitia yang telah berupaya menyiapkan segala sesuatunya dalam  pelaksanaan penilaian ini.

Ibu Nelvi irwan Prayitno selaku Ketua Tim penilaian Dasa Wisma tingkat Sumbar yang turut hadir pada penilaian itu menyebutkan  kunjungan ke Pasaman ini selain untuk penilaian juga untuk menjalin silaturahim terhadap pengurus TP PKK yang ada di Kabupaten Pasaman.

Selain itu katanya, pada tanggal 14 Februari kemaren juga telah di laksanakan ekspose dari masing-masing perwakilan Kabupaten Kota, dan hasilnya adalah untuk Kabupaten Pasaman terpilih dasa Wisma Kamboja Nagari Durian Tinggi termasuk dalam Nominasi, dan pada kunjungan ini adalah untuk memilih pemenang Juara I, II, dan III tambahanya,  dia juga menambahkan, kegiatan tersebut perlu adanya dukungan dari seluruh instansi terkait. Dia juga mengucapkan rasa terima kasih atas sambutan yang sangat luar biasa ini. Semoga dari hasil penilaian ini Pasaman mendapat yang terbaik. (Karno–Kominfo )