Responsive image

Dinas Pendidikan : UN SD Pasaman Lancar

Selasa, 17 Mei 2016 admin Pendidikan Cetak

Lubuk Sikaping - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar sederajat pada hari pertama di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), berjalan dengan lancar, kata pejabatan Dinas Pendidikan setempat.

"Kami bersyukur tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. Lancar-lancar saja. Kami harapkan lancar sampai akhir pelaksanaan UN nantinya," ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Pasaman, Budi Indrawan di Lubuk Sikaping, Senin.

Ia menambahkan jumlah peserta UN tingkat SD sederajat sebanyak 5.935 siswa yang terdiri sekolah negeri dan swasta.

Pelaksanaan UN selama tiga hari yakni hingga Rabu lusa. Setelah itu baru dilanjutkan dengan ujian sekolah hinggga Sabtu.

Ia menjelaskan pelaksaan UN ini terdiri atas tiga mata ujian yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Untuk ujian sekolah yang dimulai pada Kamis hingga Sabtu itu adalah mata ujian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Ia menyebutkan untuk pengawas ujian digunakan sistem silang yang ada di 70 sekolah penyelenggara UN itu.

"Kami harapkan kepada seluruh siswa yang mengikuti UN untuk tenang dalam mengerjakan soal. Jangan mudah terpengaruh oleh teman. Kerjakan dengan baik, agar hasil yang didapat juga memuaskan," ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada orangtua murid untuk terus membimbing anak-anaknya selama pelaksanaan UN ini dengan mengawasi anak dalam belajar.

"Berikan anak motivasi dalam pelaksanaan ujian ini, agar anak tidak menjadi tertekan karena dapat mengganggu konsentrasi anak," katanya. (cpw)


(sumber : antarasumbar.com, Editor : Joko Nugroho)