Responsive image

Dua Sekolah Pasaman Laksanakan UN Berbasis Komputer

Kamis, 14 April 2016 admin Pendidikan Cetak

Lubuk Sikaping - Dua sekolah di Pasaman, SMK Negeri 01 Lubuk Sikaping dan SMK Negeri 01 Rao Selatan, melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2016.

"Sebab hanya dua sekolah tersebut yang memiliki perangkat pendukung, untuk suksesnya pelaksanaan UN dengan sistem komputerisasi tersebut," kata Ketua Panitia UN Pasaman Kamarullah di Lubuk Sikaping, Jumat.

Ia menambahkan tahun 2016 merupakan tahun pertama Kabupaten Pasaman menyelenggarakan UNBK karena tahun 2015 gagal karena keterbatasan perangkat.

Dari dua sekolah tersebut tercatat jumlah pelajar yang mengikuti UN sebanyak 585 orang yang terdiri dari 372 orang di SMK N 01 Lubuk Sikaping dan 213 siswa di SMK N 01 Rao Selatan.

Pelaksanaan UNBK tesebut terbagi ke dalam tiga sesi setiap hari mengingat keterbatasan jumlah komputer, sebab itu Dinas Pendidikan berharap UNBK di Pasaman akan terlaksana dengan sukses dan lancar.

"Ini merupakan tolak ukur untuk pelaksanaan tahun UNBK tahun berikutnya dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah lain, dalam pelaksanaanya," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, total keseluruhan peserta UN di Pasaman, Disdik mencatat untuk tingkat SLTA sederajat di dareh itu akan melibatkan 27 sekolah sebagai penyelanggaran, dengan jumlah peserta mencapai 4.146 siswa yang akan dilaksanakan pada 4 hingga 7 April 2016.

Sebanyak 27 sekolah yang menjadi penyelenggara tersebut terdiri dari 12 sekolah untuk Sekolah Menangah Atas (SMA), dengan jumlah peserta 2.108 siswa, Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 10 sekolah penyelenggara dengan peserta 489 orang, dan SMK sebanyak tujuh penyelengara denagn jumlah peserta 1.058 peserta.

"Dari jumlah sekolah penyelenggara tersebut, di daerah ini ada beberapa sekolah yang menumpang untuk UN tersebut, sebab ada beberapa syarat untuk pelaksanaan UN, di antaranya akreditasi dan juga jumlah murid," jelasnya.

Kamarullah menambahkan salah satu contoh untuk SMA ada dua sekolah yang menumpang yakni di Kecamatan Rao Utara dan Mapattunggul, yang menumpang ke sekolah di Kecamatan Rao, demikian juga dengan tingkat MA juga ada dua sekolah.

Sementara itu, untuk pengawas dalan UN didaerah itu, mencapai 449 orang, dimana target rata-rata kelulusan siswa ada di angkat 7,5. (*)

(sumber : antarasumbar.com, Editor : Joko Nugroho)