Responsive image

GSI Kecamatan Rao Selatan dinilai tim penilai tingkat Provinsi

Senin, 23 November 2015 admin Kesehatan Cetak
GSI Kecamatan Rao Selatan dinilai tim penilai tingkat Provinsi

Humas/Kominfo _  Gerakan Sayang Ibu (GSI) Kecamatan Rao Selatan dinilai tim penilai tingkat Provinsi Sumatera Barat secara langsung turun kelapangan, tim diketuai oleh  Drs. Ifrah, M.Pd.  dari BPPr&KB Prov. Sumbar beserta 6 anggota lainnya yakni dari Biro Pemerintahan Prov. Sumbar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sumbar, Dinkes Prov. Sumbar dan TP-PKK Prov. Sumbar.
Tim penilai disambut Bupati Pasaman yang diwakili Sekda Pasaman A. Syafei Siregar, acara dihadiri Kepala BKKBN Kabupaten Pasaman Yusnimar, Ketua PKK Kabupaten Pasaman Ny, Ida Syafei, Camat Rao Selatan, Muspika Kecamatan Rao Selatan dan Wali Nagari beserta ketua TP-PKK Nagari bertempat di Kampung Sawah tarok Nagari lansek Kadok Rabu (11/11).
Camat Rao Selatan dalam sambutannya antara lain mengatakan, Kecamatan Rao Selatan adalah merupakan salahsatu kecamatan Gerakan Sayang Ibu yang termasuk nominasi penilaian oleh tingkat Provinsi, kecamatan Rao selatan sekarang ini terdapat ibu hamil sebanyak 224 orang, dari sekian banyak ibu hamil terdapat delapan orang ibu hamil resiko tinggi.
Upaya  mendukung Program pemerintah dibidang KB dan lingkungan sehat, kami camat Rao Selatan selalu melakukan sosialisasi mendukung Gerakan Sayang Ibu yang kami lakukan bersama instansi terkait seperti jajaran Dinas kesehatan, BKKBN, perkebunan, Perindagkop  dan UKM dan lain-lain, ujarnya
Bupati Pasaman yang diwakili Sekda A. Syafei pada sambutannya mengatakan, Kegiatan ini merupakan Gerakan bersama pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak.
Dalam membangun bangsa kedepan sangatlah ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia (SDM), pembangunan SDM berkualitas itu berawal dari pembentukan dan perkembangan otak anak sejak bayi dalam kandungan hingga berusia tujuh tahun.
Faktor paling  strategis untuk meningkatkan mutu SDM, tingkat kecerdasan anak ditentukan oleh status gizi calon bayi dan gizi ibu selama kehamilan, maka perlu peningkatan kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak.
Bupati Pasaman yang diamanahi untuk menyelenggarakan pemerintahan dan mendorong masyarakat untuk sama-sama dalam satu gerakan yang disebut Gerakan Sayang Ibu untuk berbuat mencerahkan perhatian dan kepedulian terhadap ibu hamil dan bayi, sehingga tidak terjadi kematian ibu melahirkan yang disebabkan oleh kesalahan kita seperti terlambat mendapat pertolongan atau dirujuk ke sarana kesehatan.
Untuk mendukung program ini Kabupaten Pasaman yang terdiri dari 12 kecamatan seluruhnya telah merupakan GSI dan pembinaannya dilaksanakan secara bergilir.
Kepada tim penilai dan rombongan kami sampaikan, selamat datang di Kabupaten Pasaman dalam melakukan penilaian kelompok GSI di Kecamatan Rao Selatan ini, semoga apa yang dilihat dan informasi yang diperoleh tim  sesuai dengan kenyataan dilapangan, dengan harapan kelompok GSI  kami menjadi yang terbaik, Bupati mengakhiri. (Adi)