Responsive image

HIPI CABANG PASAMAN SELENGGARAKAN PELATIHAN JURNALISTIK

Senin, 12 Januari 2015 admin Pendidikan Cetak
HIPI CABANG PASAMAN SELENGGARAKAN PELATIHAN JURNALISTIK
Humas/Kominfo_ Organisasi Himpunan Insan Pers Independen (HIPI) Cabang Kabupaten Pasaman hari Sabtu (10/1) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Jurnalistik yang pesertanya para Wartawan, Utusan Sekolah tinggi dan SLTA masing masing sekolah 1 orang, di Wisma Andriani Lubuksikaping.
             Acara pelatihan dibuka Asisten III Anwir dan dihadiri DPP HIPI Sumbar Irawadi, Ketua DPW HIPI Sumbar Jhon Ferlis dan DPC HIPI Pasaman Huzairin selaku ketua pelaksana.Sedangkan Narasumber  terdiri dari kepala Kejaksaan Negeri Lubuksikaping  Lubisdan Kabag Humas sekretariat daerah Budhi Hermawan, acara dipandu oleh moderator Boy Indra.
              Menurut  Jhon Farlis, Dalam etika jurnalistik ada dua hal yang harus diingat yaitu moral dan aqidah, wartawan saat ini banyak terjebak kasus hukum pemerasan karena tidak tahan godaan dalam menjalankan peran pers, karena itu perlu insan pers memperkuat moral dan aqidahnya dalam menjalani tugas. Para Wartawan juga bisa berusaha meningkatkan perekonomian rumah tangga, agar dapat bekerja independen.  
             Selain itu Pameteri Budhi Hermawan memaparkan tentang tenik penlisan relis/berita yang perlu diingat adalah dengan berpedoman pada 5 W dan 1 H.
             Anwir pada sambutannya mengatakan, , Dengan diadakannya pelatihan Jurnalistik yang kita laksanakan ini akan dapat menambah wawasan bagi peserta dibidang Jurnalis ke depan dan sangat membantu para wartawan dalam memperbaiki kinerjanya serta produk jurnalistiknya, sehingga beritanya semangkin berkualitas.
Keberadaan wartawan dan media sangat membantu pemerintah disegi mempublikasikan dan promosikan program pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan.