Responsive image

Irman Gusman Apresiasi Pasaman di HUT-nya yang ke-68

Kamis, 10 Oktober 2013 admin Kliping Media Cetak

PASAMAN--Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman, mengatakan maju mundurnya sebuah daerah (Kabupaten/Kota) bukan tergantung pada banyaknya uang di daerah itu. Melainkan, bagaimana seorang pemimpin itu berani dalam berinovasi dan berimprovisasi.
 Demikian disampaikan Ketua DPD RI periode 2009-2014 itu dihadapan para peserta sidang paripurna istimewa HUT Kabupaten Pasaman ke-68 di Gedung Syamsiar Thaib, Selasa (8/10).
Pria kelahiran Padang Panjang 51tahun silam ini menambahkan, untuk bisa maju sebuah daerah harus memenuhi lima faktor, meliputi mampu menggunakan brand (otak), memiliki cita-cita atau visi, spirit, kepercayaan diri dan terakhir berdoa.
"Ke lima faktor itu mutlak dimiliki sebuah daerah. Dan keseluruhan indikator ini dimiliki oleh rakyat Pasaman, meskipun baru satu hari saya berada di daerah ini," ucapnya.
Irman juga menyampaikan optimismenya bahwa Kabupaten Pasaman dibawah kepemimpinan Bupati Benny Utama kedepannya bakal maju pesat dan mampu mewujudkan masyarakat yang maju dan berkeadilan, sesuai visi daerah tersebut.
Irman menyebutkan, selain tanahnya para Pahlawan Kemerdekaan, seperti Tuanku Imam Bonjol, karakteristik lain dari Pasaman juga dapat dilihat dari bumi khatulistiwanya Sumbar ini banyak  melahirkan tokoh-tokoh nasional.
Diantara tokoh itu, Mr. Mohamad Nasrun, salah seorang ekonom termuka di zamannya dan juga pernah menjabat Gubernur Sumatera Tengah dahulunya.
"Selain itu juga ada, Mayjend Chairul Basri, Buya Ismail Hasan, dan terakhir adalah Mentri Keuangan RI, M Chatib Basri," imbuh Irman.
 Potensi besar Pasaman kedepan, lanjut Irman, terletak pada sumber daya manusianya (SDM) yang handal dan mumpuni.
Tambahnya, untuk menciptakan SDM bermutu, kuncinya terletak pada penguasaan ilmu pengetahuan (Iptek).
"Daya saing Pasaman untuk bangkit dan maju ada pada keunggulan SDM dan SDA yang tidak dimiliki daerah lainnya di Sumbar," sebutnya.
Hadir pada acara tersebut, anggota DPR RI fraksi PKS, Refrizal, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Dirut Bank Nagari Suryadi Asmi. Sejumlah anggota DPRD Sumbar asal Pasaman, para Bupati/Walikota, dan unsur Muspida setempat. (Wahyu)