Responsive image

Kodim 0305 Gelar Khitanan Gratis

Selasa, 24 Mei 2016 admin Kesehatan Cetak

Lubuk Sikaping - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0305 Pasaman melaksanakan khitanan massal gratis bagi keluarga kurang mampu di Kecamatan Mapattunggul dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-96, Senin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Desrizal di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 45 orang anak.

"Targetnya diikuti 80 anak, tapi yang terpenuhi hanya 45 anak yang ada di tiga kejorongan yakni Jorong Soma, Sibintayan dan Kubu Baru," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam kegiatan TMMD tersebut, Dinas Kesehatan juga memberikan penyuluhan tentang kesehatan kepada masyarakat seperti melalui pemutaran film tentang kesehatan.

Sementara itu Dandim 0305 Pasaman, Letkol Arm. Cosmas Pramunditho mengatakan khitanan massal ini tidak ada dipungut biaya atau gratis.

"Khitanan massal berlangsung dengan lancar dan baik. Ada belasan tenaga kesehatan yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Pasaman," ujarnya.

Selain itu, katanya, pihaknya juga memberikan sumbangan atau bingkisan kepada anak-anak yang ada di tiga jorong di Mapattunggul itu.

"Ini merupakan bentuk kepedulian dari Kodim 0305 Pasaman dan pemkab kepada warga di daerah itu. Ini juga untuk memperkokoh dan menguatkan silaturahmi dengan masyarakat," katanya.

Ia berharap kepada masyarakat yang ada di daerah itu untuk dapat mendukung program pemerintah sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Syamsir mengatakan masyarakat sangat terbantu dengan adanya khitanan massal gratis ini.

"Apalagi bagi keluarga yang kurang mampu, ini bisa meringankan beban karena orangtua tidak perlu mengeluarkan biaya lagi," katanya. (*)

(sumber : antarasumbar.com , Editor : Mukhlisun)