Responsive image

MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUKSIKAPING JUARA I LOMBA PIDATO

Jum`at, 26 Juni 2015 admin Pendidikan Cetak
MADRASAH ALIYAH NEGERI LUBUKSIKAPING JUARA I LOMBA  PIDATO
Humas/Kominfo _  Lomba piadato adat tingkat SLTA se Provinsi Sumatera Barat yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 12 – 14 Juni 2015 di Panorama Bukittinggi di buka Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada Jum’at malam (12/6).
Lomba pidato adat diikuti tingkat SLTA utusan Kab/Ko se Sumatera Barat, ikut hadir Kepala Dinas Pemuda Olahraga Provinsi, Ketua LKAM Sumbar, Ketua Bundo Kanduang Sumbar, Wako Bukittinggi dan Budayawan minang Bukittinggi. Diantara mereka ikut dewan juri lomba seperti Ketua LKAM Sumbar, Bundo Kanduang Sumbar dan Budayawan minang Bukittinggi.
Hasil penilaian dewan juri Lomba piadato adat tersebut, MAN Lubuksikaping memperoleh Juara I, dan juara II disusul dari Kota Sawah Lunto dan Juara III diraih Kabupaten Tanah Datar.
Pidato adat yang bertemakan “ Pasambahan makan dan maurak selo “  MAN Lubuksikaping  diperagakan oleh lima orang siswa yaitu Ahmad Abdiman, Muhammad Rafsanjani, Muhammad Yefri, Zekri Okrianto dan Zulfikar dan dibimbing oleh salah seorang guru MAN Lubuksikaping Dwi Wahyuni,SPd.i, dengan pelatih Firman Angku Katik Bandaro Alam.
Menurut Kepala MAN Lubuksikaping Drs. Darwin,M.MPd. mengatakan, Bakat siswa seperti ini harus dikembangkan kembali, kita lihat disetiap kenduri hajatan diperkampungan pidato adat ini selalu dibawakan petua petua adat setempat, karena kurang minatnya generasi muda kita untuk belajar pidato adat tersebut, padahal di adat minangkabau sangat penting kita kuasai, ujar Darwin.
Kemudian ia mengucapkan banyak terima kasih kepada guru pembimbing dan pelatih atas keberhasilan sekolah MAN kita yang telah mendapat juara I dilomba Pidato adat tingkat Provinsi Sumatera Barat, otomatis nama Kabupaten Pasaman tambah terkenal di Sumatera Barat, mendapatkan juara ini patut kita syukuri karena daerah lain sudah terkenal dari masa dulu hebatnya mereka dibidang pidato adat, Imbuhnya.
Lebih Lanjut Darwin mengatakan, saya mengapresiasi hasil berbagai kegiatan siswa MAN Lubuksikaping yang telah banyak membawa nama Pasaman dibermacam lomba di tingkat Provinsi maupun nasional. Kami MAN Lubuksikaping, optimis program pemerintah daerah disektor pendidkan akan terwujud sesuai apa yang diharapkan dan  kami selalu berupaya meingkatkan mutu pendidikan pada sekolah itu.
 Ia menambahkan, Kegiatan ektrakuler yang diadakan sekolah tidak menganggu kegiatan proses belajar mengajar, dapat kita lihat tahun ini tingkat kelulusan UN mencapai 100 %  dan 97 orang mendapat siswa undangan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti di SNM-PTN sebanyak 18 orang siswa, PT-KIN 78 orang  dan Politehnik  1 orang, kita berharap tahun depan MAN Lubuksikaping lebih meningkat lagi dari tahun ini, harap Kepsek
Menurut salah seorang guru pada media Cahaya Pembaharuan, Semenjak kepala MAN Lubuksikaping dibawah pimpinan Drs. Darwin,M.MPd. yang mulai bertugas mulai bulan Januari 2015 lalu menggantikan Kepala Sekolah yang lama, sudah banyak perobahan dan telah mengalami peningkatan baik disegi tata ruang sekolah maupun kegiatan ektrakuler siswa yang positif seperti PIK Remaja, UKS dan Pekan Kreatifitas siswa, ini diadakan setiap bulan dengan kegiatan seperti Latihan Grub Rabana, Latihan Kaligrafi, Latihan Pramuka, Latihan Tari, Muhaddharoh.
Malahan setiap acara kegiatan khatam Al-Qur’an TPA di setiap kenagarian dalam kecamatan, Dramband sekolah MAN selalu dapat undangan dalam mengikuti pawai khatam dan lain lain, ungkapnya. (Adi)