Responsive image

PASAMAN RAIH OPINI WTP

Kamis, 8 Juni 2017 admin Pemerintahan Cetak
PASAMAN RAIH OPINI WTP

Humas Pasaman, Pemerintah Kabupaten Pasaman dengan gemilang berhasil meraih dan mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas penilaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2016.

Penghargaan opini WTP tersebut diserahkan  oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Sumatera Barat Dra. Eliza MM. Ak. CA. dan diterima langsung oleh Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis di aula kantor BPK Perwakilan Sumbar jalan Khatib Sulaiman nomor 55 Padang, Selasa (6/6).

“Predikat opini WTP yang diterima tahun 2017 atas penilaian LKPD tahun  2016 merupakan raihan yang ke empat kalinya. Sebelumnya Pasaman telah memperoleh predikat opini WTP atas penilaian LKPD tahun 2013, 2014, 2015”, kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Mulyatmin didampingi sekretaris M. Yasrin Syahputra  ketika berbincang dengan Koran Padang.

 “Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah  Daerah merupakan bagian tugas konstitusional BPK. Pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan. Namun, jika pemeriksa menemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundangan khususnya yang berdampak pada adanya  potensi dan indikasi kerugian Negara, maka hal ini harus diungkap dalam LHP dan dalam batas tertentu akan mempengaruhi opini terhadap kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan”,

“Opini WTP yang diberikan, merupakan pernyataan professional pemeriksa mengenai kewajaran laporan keuangan bukan jaminan tidak adanya penyimpangan yang ditemui ataupun kemungkinan timbulnya penyimpangan dikemudian hari. Hal ini perlu kami sampaikan mengingat masih banyak terjadi kesalahpahaman oleh sebagian kalangan mengenai makna opini BPK,” ujar Dra. Eliza MM. Ak. CA.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman yang telah bekerja dengan baik, tertib, disiplin sesuai dengan ketentuan yang berlaku, hingga Kabupaten Pasaman meraih predikat Opini WTP atas LKPD tahun 2016. 

“Perolehan prestasi ini jangan membuat kita lengah, teruslah berkarya dengan penuh semangat, serius, giat, ikhlas dan terukur untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasaman sesuai dengan visi   terujudnya masyarakat Pasaman yang sejahtera, agamis dan berbudaya”, kata Bupati menambahkan.

“Pada kesempatan ini juga saya minta kepada seluruh kepala SOPD untuk dapat mempelajari hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Pasaman tahun 2016 ini dan jadikan pedoman untuk pelaksanaan program dan kegiatan tahun-tahun mendatang”, ujar Bupati menegaskan.(HL/Humas)