Responsive image

Pasaman Segera Lakukan Pemutakhiran Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK)

Rabu, 22 April 2015 admin Kesehatan Cetak

Humas/Kominfo-Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) Kabupaten adalah suatu dokumen perencanaan yang berisi kebijakan dan strategi pembangunan sanitasi secara komprehensif pada tingkat kabupaten yang dapat memberikan arahan yang jelas, tegas dan menyeluruh bagi pembangunan sanitasi dengan tujuan agar pembangunan sanitasi dapat berlangsung secara sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan serta tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan daerah” ujar Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman melalui Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya Choiruddin Batubara SE. MM, ketika berbincang dengan bagian Humas setda Kabupaten Pasaman.

Pemerintah Kabupaten Pasaman, saat ini sedang melakukan pemutakhiran Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK). Kegiatan ini dilaksanakan  dalam rangka percepatan pembangunan sanitasi dan permukiman sekaligus upaya pencapaian target “Universal Acces” tahun 2019. Pemutakhiran SSK diawali dengan studi EHRA (Environmental Health Risk Assessment). Studi ini bertujuan memperoleh kondisi nyata kesehatan lingkungan di tengah-tengah masyarakat, yang hasilnya berupa buku putih sanitasi (BPS).

Buku putih sanitasi (BPS) berfungsi sebagai data dasar penyusunan SSK. Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) akan berisikan strategi pembangunan sektor sanitasi yang dilengkapi dengaan matriks rencana program dan kegiatan selama kurun waktu 2015-2019. 

Matriks rencana program dan kegiatan akan dibagi berdasarkan sumber-sumber pembiayaan baik melalui APBN, APBD Propinsi dan APBD Kabupaten Pasaman. Dokumen SSK akan memuat kesepakatan program, kegiatan dan pembiayaan yang disebut dengan Memorandum Program Sanitasai (MPS).

Untuk mempercepat realisasi kegiatan, Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah akan membentuk tim pemutakhiran SSK melalui Keputusan Bupati Pasaman. Susunan tim ini terdiri dari, Penanggung jawab/wakil penanggung jawab, Ketua/Wakil Ketua Pelaksana, Sekretaris/wakil sekretaris dan 11 orang anggota. (Harnel/Humas)