Responsive image

Pemkab Pasaman akan Rekrut 150 Guru Kontrak

Selasa, 24 Mei 2016 admin Pendidikan Cetak

Lubuk Sikaping - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akan merekrut 150 orang guru kontrak yang akan disebar di beberapa sekolah di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Khairil Anwar, di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan tenaga kontrak tersebut terdiri atas 75 orang guru kelas SD, 25 orang guru tingkat SMP dan 50 orang guru SMA.

"Hingga kini sudah ada sekitar 500 orang yang memasukkan berkas permohonan. Semuanya akan kita verifikasi, apakah sudah masuk persyaratan atau belum," ujarnya.

Ia mengatakan ratusan guru yang dikontrak tersebut harus berlatar belakang lulusan sarjana pendidikan, mempunyai kompetensi dan sudah lama mengabdikan diri sebagai guru honorer.

"Ini merupakan solusi dari pemkab dalam memenuhi kebutuhan tenaga guru, apalagi di sekolah yang baru berdiri," katanya.

Menurutnya, saat ini daerah itu memang masih kekurangan tenaga guru baik guru kelas SD maupun guru bidang studi.

"Guru yang akan diterima sebagai tenaga kontrak itu harus memenuhi persyaratan dan bersedia ditempatkan di seluruh sekolah yang membutuhkan di wilayah itu," katanya.

Ia menjelaskan yang akan diterima itu diutamakan berdomisili di daerah sekolah yang membutuhkan tersebut.

"Lamaran yang diterima akan diverifikasi terlebih dahulu, dan bagi yang gagal, berkas lamarannya akan tetap kita simpan. Data guru tersebut sudah kami kantongi," ujarnya.

Khairil menjelaskan hal ini sesuai dengan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tenteng Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

"Pada tahun mendatang, direncanakan penerimaan tenaga guru kontrak ini dibuka kembali. Bagi yang gagal tahun ini, maka akan kita prioritaskan," katanya.

Ia mengatakan sekolah yang membutuhkan tenaga guru kontrak tersebut adalah SMP Negeri 03 Rao Selatan di Tanjuang Batuang, karena sekolahnya baru berdiri. (cpw)

(sumber : antarasumbar.com ,Editor : Joko Nugroho)