Responsive image

RATUSAN MASYARAKAT RAMAI SAKSIKAN TRADISI BALIMAU MASUK PUASA

Senin, 29 Mei 2017 admin Sosial Budaya Cetak
RATUSAN MASYARAKAT RAMAI SAKSIKAN TRADISI BALIMAU MASUK PUASA

Humas/Kominfo  _ Sehari menjelang puasa ramadhan setiap tahunnya masyarakat  dibeberapa nagari tampak melakukan acara  balimau, tradisi ini di kota Lubuksikaping Kabupaten Pasaman sudah ada sejak dulunya dan disaksikan ratusan masyarakat.
Menurut salah seorang warga di nagari Pauah nenek Timah (82) setahunya tradisi balimau ini sudah ada dari dulu, katanya.
Tradisi ini bertujuan mempererat silaturrahim antara kedua kanagarian antara masyarakat kenagarian Pauah dengan masyarakat kenagarian  Durian Tinggi, masing masing rombongan  dari kedua nagari tersebut turun dari rumah gadang kaumnya (rumah besar adat sukunya) masing –masing.
Kemudian para petinggi pemangku adatnya yang diberi gelar Datuak sebagai pemimpin dikaumnya yang ditinggikan saranting, didahulukan selangkah, diarak dengan kesenian dikia pano bernafaskan islami  dan diiringi Bundo Kanduang dan cucu kemanakannya menuju tempat pertemuan didepan masjid raya Pauah - Durian Tinggi.
Dalam rombongan itu ikut pemudanya menampilkan pesilat tangguh menghadapi pesilat dari rombongan nagari sebelahnya setelah bertemu langsung bersalaman.
Kemudian Bundo kanduang menyuguhkan air kepada para Datuak untuk diusapkan ke , rambutnya, usai itu dilanjutkan sholat magrib bersama di masjid itu. (di)