Responsive image

SEKDA Himbau Masyarakat Tetap Jaga Kesehatan dari Efek Kabut Asap

Selasa, 27 Oktober 2015 admin Kesehatan Cetak
SEKDA Himbau Masyarakat Tetap Jaga Kesehatan dari Efek Kabut Asap

Humas/Kominfo _ Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman dalam apel Gabungan ASN jajaran Pemerintah Kabupaten Pasaman senin pagi (26/10) yang ikuti seluruh ASN pada SKPD, hadir Pj. Bupati Syofyan, Sekda A.Syafei Siregar, Staf Ahli, Asisten dan Kepala SKPD, di halaman Kantor Bupati Pasaman,
                Sehubungan kualitas udara diwilayah Pasaman sekarang ini dalam kategori Indeks standar pencemaran udara (ISPU) termasuk level berbahaya dan tidak sehat. Sekda menghimbau kepada seluruh masyarakat  beberapa hal seperti tidak melakukan  pembukaan lahan dengan cara pembakaran, baik dihutan, kebun, lahan pertanian dan sampah pekarangan rumah tangga.
                Selain itu Sekda juga mengingatkan karena standar pencemaran udara (ISPU) di Pasaman sekarang ini berada di level berbahaya dan tidak sehat, agar mengurangi kegiatan diluar rumah jika tidak penting, jika terpaksa agar memakai masker atau alat pelindung kabut asap.
                Dan bagi keluarga yang mempunyai anak Balita sebnaiknya tidak membawanya keluar rumah, ini mencegah terjadinya infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) yang sangat rentan terjadi pada anak, serta dianjurkan perbanyak minum air putih sertta makan buah-buahan dan sayuran.
Apabila terjadi gejala infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) yang diakibatkan kabut asap segera mendatangi Puskesmas terdekat atau rumah sakit, ujar Sekda.
                Disamping itu Sekda mengatakan telah ditetapkan APBD perobahan diharap kepada seluruh SKPD untuk menyiapkan DPA perobahan karena waktu kita tinggal dua bulan lagi, koordiansikan dengan dinas keuangan supaya kegiatan dapat terlaksana melalui APBD perobahan.
Kemudian sekda menghimbau seluruh SKPD segera menyampaikan RKA APBD tahun 2016, mulai besok (27/10) kita mulai pembahasan APBD tahun 2016 masing-masing SKPD, kita sudah terlambat satu bulan, maka itu kita lakukan percepatan pembahasan tersebut, mudah-mudahan minggu depan sudah dapat kita sampaikan ke DPRD, tegas Sekda. (Adi)