Responsive image

Tim VII Safari Ramadhan kunjungi masjid nagari silayang

Minggu, 28 Juni 2015 admin Agama Cetak
Tim VII Safari Ramadhan kunjungi masjid nagari silayang

Humas/Kominfo _  Tim VII Safari Ramadhan tahun ini pada hari ketiga kunjungi nagari Silayang Kecamatan Mapat Tunggul yang bertempat di masjid Baiturrahim pasar silayang kamis malam (25/6).
Kecamatan Mapat Tunggul Selatan merupakan salahsatu Kecamatan paling ujung di Kabupaten Pasaman yang berbatas dengan Provinsi Riau,  Tim VII terdiri dari Ketua Pengadilan Agama Lubuksikaping Muhammad Zein (selaku ketua tim), Staf Ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Kantor Bupati Asmadi (wakil Ketua tim), anggota tim terdiri dari Sekretaris Bappeda Muyatmin, Kabag Pembangunan Nasrul,  M. Yusuf Rioki utusan dari Bagian Kesra, Ustadz Alfian,SHi. dari Bagian Humas Suardi dan awak media mingguan Cahaya Pembaharuan Huzairin.
 Camat Kecamatan Mapat Tunggul Lotfriedo Rama pada sambutannya antara lain mengatakan, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan selama periode Bupati Pasaman Benny Utama dan Wakil Bupati Daniel telah banyak kemajuan baik disektor pendidikan maupun disektor inprastruktur jalan dan jembatan termasuk jalan ke kejorongan yang didukung program P2BN dan dana partisipatif, dibidang kesehatan prasarananya juga sudah ada peningkatan seperti telah dibagunnya bangunan rawat inap di Puskesmas Silayang, ujar Edo.
Keberhasilan pembangunan di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan tidak terlepas dari dukungan semua elemen seperti muspika, Wali nagari, Tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaan setempat, imbuhnya.
Ketua Tim Ahmad Zen, pada pidato tertulisnya menyampaikan, Dengan semangat Ramdhan, mari kita tingkatkan kualitas keimanan, ketaqwaan dan keimanan untuk mencapai masyarakat yang lebih sejahtera serta beriman dan berbudaya dengan melakukan upaya upaya meningkatkan kualitas pemahaman nilai nilai agama dalam perilaku sehari hari dalam kehidupan kita, seiring dengan itu mari kita ciptakan lingkungan kita dengan suasana kondusif apalagi menjelang Pilkada nanti, ujar M. Zein.
Pemerintah daerah telah mendorong tumbuh kembangnya TPQ, MDA dan LDS disetiap masjid serta telah dicanangkannya magrib mengaji disetiap nagari, dan Pemerintah daerah juga telah melakukan program pendidikan gratis 12 tahun, mulai tingkat SD, SLTP dan SLTA yang biayanya ditanggung oleh Pemerintah daerah, termasuk biaya bimbingan belajar gratis bagi siswa kelas tiga yang akan menghadapi ujian UN, termasuk Jamkesmas dari keluarga tidak mampu ditanggung pemerintah daerah.
Selanjutnya ketua tim menyerahkan kitab Al-Qur’an terjemahan dan beberapa buku agama kepada pengurus masjid serta menyerahkan simbolis bantuan dana untuk masjid sebesar 7,5 juta rupiah, ia mengharapkan agar buku-buku tersebut  selalu dibaca dan dapat menambah ilmu kita dibidang keagamaan dan untuk pencairan dana bantuan agar diurus administrasinya pada Bagian Kesra, harapnya.
Ustadz Alfian,SHi. dalam ceramahnya meulas isi kandungan Al-Qur’an surat 30 ayat 30 – 32, ini erat kaitannya dengan amanah Bupati Pasaman yaitu mengajak seluruh masyarakat Pasaman dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.  Serta mengulas maksud isi Al-Qur’an surat 2 ayat 183 tentang keistimewaan puasa bulan ramadhan, (Zairin Piliang/Adi)