Responsive image

Wakil Bupati Atos Pratama buka MTQ ke X Kecamatan Simpati

Senin, 18 Juli 2016 admin Keagamaan Cetak
Wakil Bupati Atos Pratama buka MTQ ke X Kecamatan Simpati

Humas/Kominfo _  Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama Sabtu (16/7) membuka secara resmi pembukaan MTQ X tingkat Kecamatan Simapng Alahanmati (Simpati) tempat halanman Puskesmas Alahanmati. Hadir anggota DPRD Dapil I Ahmad Khadapi, Asisten III Asnil.M. sejumlah kepala SKPD, Kepala Kementerian Agama Abdel Haq, Camat Simpati, Walinagari dan Jorong, Niniakmamak, Trokoh masyarakat, alim ulama, bundo kanduang dan masyarakat kecamatan Simpati.

Sekcam Simpati Delsi Syafei selaku ketua pelaksana LPTQ kecamatan melaporkan, MTQ dimaksud bertujuan untuk menumbuhkembangan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Quran dan merupakan seleksi di tingkat kecamatan yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat kabupaten nanti. Cabang yang akan diperlombakan sebanyak enam cabang dengan jumlah kafilah sebanyak 111 orang yakni Nagari Simpang 60 Kafilah dan Nagari Alahanmati sebanyak 50 Kafilah.

Sedangkan Camat Simpati Asnita mengatakan, pelaksanaan MTQ ke X tahun ini kami tunjuk nagari Alahanmati sebagai tuan rumah, kami berharap dukungan semua pihak demi suksesnya sampai selesai nanti.
Kami juga berharap kepada pemenang lomba mempersiapkan diri untuk bertanding di MTQ tingkat Kabupaten Pasaman sekitar bulan Oktober 2016, ujarnya.

Kepala Kementerian Agama Pasaman Abdel Haq mengatakan, Pelaksanaan MTQ ini bukanlah sekedar lomba saja tetapi MTQ ini merupakan suatu wadah bagi kita untuk menyiapkan generasi muda, generasi penerus yang berkualitas dunia dan akhirat.

Dengan MTQ akan dapat menyadarkan kita dan generasi penerus yang dimulai dari rumah tangga kita, sebagaimana Rasullullah SAW. bersabda “ Terangilah rumah tangga Mu itu dengan Sholat dan baca Al-Quran “ maksudnya kita sebagai kepala keluarga berrtanggungjawab untuk menyiapkan generasi muda yang berkualitas dimasa akan datang.

Kepada barisan niniakmamak kami mengharapkan mari kita mantapkan visi misi kita, mari kita siapkan anak cucu kita yang berkualitas dunia dan akhirat, untuk itu mari kita gerakan masyarakat magrib mengaji, ujarnya.
Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama pada kesempatan itu mengatakan, Pelaksanaan MTQ yang kita selenggarakan merupakan cereminan dari nuansa keagaan kita sebagai umat islam, melaqlui kegiatan ini Pemerintah, masyarakat dan kita semua berupaya membangun sikap dan mental spritual, hal ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Pasaman limna tahun kedepan yakni “Mewujudkan masyarakat Pasaman yang sejahtera, agamais dan berbudaya“.

MTQ yang kita selenggarakan mulai dari tingkat nagari, kecamatan dan Kabupaten hingga berlanjut ke MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat adalah merupakan salah satu upaya kita memacu semangat anak-anak untuk mempelajari dan memahami ayat-ayat Al-Quran.
Unutk itu Pemerintah Daerah akan memberikan perhatian yang tinggi dalam lima tahun kedepan dengan menyediakan anggaran yang cukup untuk pembinaan guru-guru MDA/TPQ/TPSQ, didikan Subuhdan gerakan masyarakat maghrib mengaji.

Pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk menanamkan niat dilubukhati agar selalu dan senantiasa membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran disepanjang kehidupan.
Kepada niniakmamak, alim ulama, cadiakp-andai, tokoh masyarakat dan para orang tua mari kita ajak anak-anak dan cuicu kemakan kita untuk meramaikan dan mensukseskan pelaksanaan MTQ ini,kepada segenap kafilah saya mengucapkan selamat bermusabaqah, Wabub meakhiri. (swd-hms)