BAZNAS Pasaman Salurkan Rp105 Juta Dana Zakat pada 275 Mustahak

BAZNAS Pasaman Salurkan Rp105 Juta Dana Zakat pada 275 Mustahak Bupati H. Yusuf Lubis sedang serahkan bantuan bedah rumah dari BAZNAS Pasaman pada masyarakat tidak mampu di Kecamatan Simpati (Afz)*

PASAMANKAB.GO.ID, Pasaman – Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pasaman (BAZNAS) di bawah Pimpinan Uztad H. Syafrizal. Sf, SIQ. S.Ag, M.MPd kembali menyalurkan bantuan dana Rp 105 Juta pada 275 penerima yang berhak

Berdasarkan berita acara Penyaluran bantuan dana tersebut di Kecamatan Simpati terhitung dari Januari-April 2018 sebesar Rp105.400.000. Dengan jumlah penerima sebanyak 275 orang.

Target bantuan tersebut mulai dari bantuan keluarga miskin, fakir/jompo, bantuan usaha, bedah rumah. Kemudian bantuan beasiswa, bantuan orang berobat. Sebelum penyaluran bantuan dana dari Baznas itu oleh tim terlebih dahulu membagikan selebaran yang berisikan poto-poto kegiatan yang bertuliskan 15 keutamaan zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf.

Maksud dan arti selebaran itu adalah untuk mengajak masyarakat Simpati termasuk para Wali Nagari yang berada di Kecamatan Simpang Alahan Mati itu dengan penuh keimanan dan ketakwaan untuk menyalurkan zakat malnya pada Baznas Kabupaten Pasaman yang legalitas formalnya telah di SK kan oleh Pemerintah.

Dari pantauan secara langsung Jurnalistik PASAMANKAB.GO.ID penyaluran bantuan dari Baznas tersebut turut hadir Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, Kapolres Pasaman Uztad AKBP Hasanuddin. S.Ag, sejumlah OPD berasal dari Simpati, Camat Kecamatan Simpati, Para Wali Nagari Se-Kecamatan Simpati, Kepala Bagian Humasy Setda Pasaman dan Sejumlah Wartawan cetak maupun online peliput kegiatan, Kepala Jorong, tokoh-tokoh kecamatan dan nagari, serta masyarakat penerima bantuan, di Masjid Taqwa Kampung Padang Jorong Mudik Simpang, Jum’at (6/4/2018).

Ketua Baznas Pasaman itu juga menyampaikan bahwa sebelum acara penyaluran bantuan zakat itu di selenggarakan di masjid tersebut, pagi harinya terlebih dahulu Baznas Pasaman menyalurkan bantuan dana pendidikan di SMPN 1 Simpati sambil melakukan pembinaan akhlak dengan brosur berkaca diri yang pada itu di damping Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Syafrialis.

Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis juga mengingatkan kepada penerima agar mempergunakan bantuan tersebut sesuai kebutuhannya. Bantuan ini merupakan zakat dari ASN di Pasaman, dan zakat perorangan.

"Semoga bantuan tersebut bisa membantu kebutuhan dari masyarakat. Dan kita juga meminta kepada masyarakat yang mampu agar menunaikan zakatnya melalui Baznas" ajaknya.

Bahkan pada kesempatan itu juga Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis dengan nada bahasanya yang lembut dan penuh kasih sayang mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Simpati telah dapat berhadir bersama dalam acara penyerahan bantuan zakat dari BAZNAS tersebut.

Kapolres Pasaman, Uztad AKBP. Hasanuddin. S.Ag sebelum menyerahkan bantuan tersebut meminta kepada penerima zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman agar dipergunakan bantuan sesuai dengan peruntukannya.

"Contohnya bantuan untuk bangun rumah, jangan pula dipergunakan uang tersebut untuk yang lain. Sebab, saya juga pernah mendengar ada bantuan tersebut tidak digunakan sesuai dengan semestinya" kata Kapolres Pasaman, AKBP. Hasanuddin saat menyerahkan bantuan bersama Bupati Pasaman, Yusuf Lubis di Kecamatan Simpati, Jumat 6 April 2018.

Menurut Kapolres, terkadang masyarakat yang sudah mendapat bantuan itu, yang rencananya untuk bangun rumah, tapi digunakan untuk belanja keperluan lain yang mendesak juga.

"Memang penggunaanya tidak salah secara hukum tapi kita kasihan juga yang harusnya rumahnya sudah diperbaiki atau sudah siap tapi tidak jadi dan terap seperti semula juga" jelas Uztad AKBP Hasannuddin. S.Ag.

Ini hanya himbauan supaya bantuan itu betul betul yang menerima tersebut mempergunakannya sesuai aturan. "Soal rehap atau membangun rumah layak huni, kalau masyarakat butuh bantuan tenaga dalam memperbaiki rumah, kita siap untuk membantu" sebutnya. (TIM KOMINFO PASAMAN)*

                                                                  SMS CENTER : 0811 – 661 – 5000

                                 Layanan SMS Pengaduan dan Informasi Masyarakat Kabupaten Pasaman

Bagikan ke Jejaring Sosial