BUPATI PASAMAN BERTANDANG SAMBIL JARING ASMARA

BUPATI PASAMAN BERTANDANG SAMBIL JARING ASMARA

PASAMANKAB.GO.ID, Pasaman --- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sumatera Barat dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat di dampingi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman memberikan pelayan selama dua hari kepada masyarakat Nagari Muaro Sungai Lolo Kecamatan Mapat Tunggul Selatan. Nagari ini merupakan daerah paling ujung di Kabupaten Pasaman yang berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari sejak Minggu 15 April 2018 hingga Senin 16 April 2018. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman memberikan pelayanan mulai dari pelayanan bidang kesehatan, kependudukan dan penyuluhan bidang lainnya.

Pada kegiatan itu Bupati Pasaman bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berangkat dari Lubuk Sikaping sekitar pukul 09.00 wib dan sampai di Muaro Sungai Lolo sekitar pukul 16.00 Wib. Menariknya, disana Bupati Pasaman, Yusuf Lubis tidur bertandang di salah satu rumah warga, sambil menjaring Aspirasi Masyarakat (ASMARA).

Nagari Muaro Sungai Lolo memiliki enam Jorong yaitu Jorong Muaro, Jorong Sungai Lolo, Jorong Pangian, Jorong Rotan Getah, Jorong Pertemuan dan Jorong Sopan.

Mereka yang tinggal di Nagari tersebut pada umumnya mata pencariannya sebagai petani gambir dan memiliki penduduk sekitar 6.000 jiwa.

Pada kunjungan tersebut rombongan sambil menjaring Aspirasi Masyarakat (ASMARA) setempat. Kehadiran Bupati Pasaman Yusuf Lubis disambut ribuan masyarakat yang sudah menanti kedatangan rombongan. Bahkan warga setempat silih berganti bersalaman dengan Bupati serta rombongan, di raut wajah mereka begitu bahagianya atas kunjungan orang nomor satu di Pasaman ini.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis dalam kesempatan itu menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya bersama rombongan ke Muaro Sungai Lolo Kecamatan Mapattunggul Selatan adalah; untuk membantu masyarakat dan memberikan pelayanan secara langsung selama dua hari," ujar Bupati Yusuf Lubis dengan penuh keramahan.

Kegiatan ini katanya Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Dokter Indonesia (HBDI) Wilayah Sumatera Barat Ke- 110. Puluhan dokter dikerahkan untuk melakukan pelayanan kesehatan umum, kebidanan, pemeriksaan jantung, bedah, pemeriksaan anak, screaning gizi serta tumbuh kembang anak. Paparnya.

Turut serta dalam kunjungan itu Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday, Ketua IDI Sumbar, dr. Pom Harry Satria, Direktur RSUD, dr. Yong Marzuhaili dan 34 orang kepala OPD Pemkab Pasaman ditambah tiga asisten Pemkab Pasaman, Serta 28 orang dokter, ikut juga dalam kunjungan itu.

Pada Kunjungan itu sekaligus untuk menjaring Aspirasi Masyarakat (ASMARA) secara langsung, dan meninjau pembangunan yang sudah dilakukan tahun 2017.

Tanpa ketinggalan meninjau program yang akan dilaksanakan tahun 2018, Merencanakan apa-apa saja yang akan dibangun di tahun 2019, Tentunya untuk kesejahteraan masyarakat Nagari Muaro Sungailolo.

Bupati Yusuf Lubis juga menyarankan pada masyarakat setempat, "Silahkan masyarakat berkonsultasi mengenai keluhannya.

Adapun layanan kesehatan ini diselenggarakan secara gratis. Silahkan cek kesehatan kita semuanya," sebut Yusuf Lubis.

Pada kesempatan itu dinas Pencatatan Sipil juga memberikan pelayan kependudukan, baik itu pencatatan kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran serta hal-hal yang berkaitan dengan pendataan penduduk.

Demikian juga dengan Dinas Pertanian turut serta melakukan pendataan sarana dan prasarana pertanian serta memberikan pemberian bantuan bibit kedele dan jagung bagi kelompok tani. Tentunya demi mencapai kesejahteraan bagi masyarakat.

Sedangkan Dinas perikanan, memberikan bantuan bibit ikan, kepada petani ikan diwilayah tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Ninik Mamak setempat Zulkarnain Umar Tuangku Bandaro mengucapkan terimakasih kepada Pemda Pasaman karena telah memperhatikan daerahnya. Dan telah melaksanakan pembangunan untuk di nikmati oleh anak cucu kamanakannya pada daerah itu.

Seraya berkata, “Semoga Visi dan Misi pemerintah saat ini bisa tercapai secara maksimal” "Kami mewakili seluruh masyarakat disini, Ungkapnya banyak mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bupati, Wakil Bupati beserta rombongan, semoga dengan kunjungan kali ini bisa memberikan pencerahan dan pelayanan kepada kami secara maksimal, sehigga dengan kunjungan ini bisa menambah kemajuan bagi Nagari kami," harap Zulkarnain Umar kepada Bupati serta rombongan.

Dengan terselenggaranya kunjungan tersebut Bupati, Wakil Bupati dan rombongan ini, ia berharap bisa membawa perubahan bagi Nagari Muaro Sungailolo Kecamatan Mapat Tunggul Selatan. Pintanya. (TIM KOMINFO)*

Bagikan ke Jejaring Sosial