Bupati Pasaman Membuka Musrenbang Kecamatan Rao

Bupati Pasaman Membuka Musrenbang Kecamatan Rao

Pasaman, Kominfo --- Dalam rangka penyusunan program dan kegiatan pembangunan di Kecamatan Rao tahun anggaran 2019 yang di susun tahun 2018 Kecamatan Rao selenggarakan Musrenbang Kecamatan yang di hadiri dan di buka langsung oleh Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. M.Si, yang sebelumnya Camat Kecamatan Rao Awaluddin dan Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Drs. Mara Ondak memaparkan pengertian dan manfaat musrenbang yang akan di laksanakan.

Dari Pantauan Jurnalistik Kominfo Pasaman, tampak hadir dalam musrenbang Kecamatan Rao itu, anggota DPRD Kabupaten Pasaman dari Fraksi Nasdem Sarjan, Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Drs. Mara Ondak serta staf, Kabag Humas Pemda Pasaman Anwir Salam. S.Sos, Camat Kecamatan Rao serta anggota Muspika Kecamatan Rao, Wali Nagari Se-Kecamatan Rao, Kordinator wilayah Pendidikan Kecamatan Rao, Kepala-kepala Sekolah Se-Kecamatan Rao, Bamus Nagari Se-Kecamatan Rao, Tokoh-tokoh masyarakat Ninik Mamak, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Pemuda, serta undangan lainnya yang memadati Gedung Pertemuan Kecamatan Rao, Selasa (6/02/2018).

Camat Kecamatan Rao Awaluddin mengatakan; “Musrenbang Kecamatan merupakan rangkaian kegiatan Musrenbang dari setingkat Jorong, Nagari, Tujuan dari Musrenbang Kecamatan ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mempertajam, penyelarasan, grafikasi dan kesepakatan, sekumpulan rencana kegiatan yang di integrasikan dengan pembangunan yang di lakukan oleh daerah yang di lakukan di daerah wilayah kita ini.

Di dalam bermusyawarah pembangunan ini para delegasi dapat menyampaikan aspirasi dari masyarakat kita, terutama masukan-masukan dari anggota DPRD kita yang berhadir dalam acara Musrenbang ini yaitu Bapak Sarjan Lubis, begitu pula dengan berbagai pembangunan yang berskala prioritas yang belum di masukkan dalam musrenbang kejorongan maupun nagari.

Dan di bahas dalam berkelompok atau penajamannya dalam kelompok masing-masing peserta musrenbang.

Adapun kegiatan pembangunan yang di laksanakan selama tahun 2017 di Kecamatan Rao adalah sebanyak 47 kegiatan. 20 kegiatan di lakukan oleh pihak ke-3, dan 10 kegiatan yang bersumber dari Dana Desa nagari Tarung-tarung dan Nagari Padang Matinggi, di tambah dengan 10 kegiatan lagi dari pemberdayaan. Adapun kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong ada 2 kegiatan, dan dari dana Nagari ada 15 kegiatan selama tahun 2017 sudah selesai di laksanakan. Ekspos Camat Awaluddin siang itu

Dari hasil musrenbang nagari ada beberapa prioritas yang di sampaikan terutama pembangunan pengeringan lahan rawa yang ada di jorong Sungai Raya, karena lahan ini lebih kurang 30 Ha, bila lahan ini di jadikan sawah airnya tidak ada, bila di jadikan kebun sementara dia rawa-rawa.

Inilah harapan kita bersama masyarakat agar lahan tersebut di bangun saluran pengeringan lahan.

Umumnya dari hasil musrenbang di nagari pada hakikatnya sangat prioritas pengadaan bibit, pembangunan jalan usaha tani, kemudian pembangunan tempat wisata, Camat Kecamatan Rao Awaluddin juga menyampaikan harapannya, segala sesuatu yang belum masuk dalam musrenbang nagari agar di masukkan baik itu dari sekolah, maupun dari yang lain, seperti pemadam kebakaran sangat utama di usulkan, tapi sampai pada saat sekarang ini belum terealisasi.

Kemudian yang di anggap salah satu prioritas adalah pembangunan rumah dinas camat, karena rumah dinas camat yang lama di bongkar, termasuk juga pagar. Sekali lagi Camat Rao Awaluddin sampaikan harapannya kepada peserta musrenbang baik dari dinas maupun dari delegasi jorong maupun nagari agar betul-betul bekerja dengan baik mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga hasil dari musrenbang ini tidak ada yang tercecer dari usulan masyarakat.

Dan juga harapan kita bersama, Kecamatan Rao kedepannya akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak pada kesempatan itu memaparkan pembangunan Kecamatan Rao tahun 2018; tentang perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah Musrenbang di Kecamatan ini bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, grafikasi dan kesepakatan rencana kegiatan pembangunan nagari yang di integrasikan dengan pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis dalam kesempatan itu mengatakan; “Kepada seluruh peserta musrenbang Kecamatan Rao di harapkan untuk menyampaikan segala sesuatunya dalam kelompok musrenbang hari ini, dan utamakan skala prioritas, Bupati Yusuf Lubis juga mewanti-wanti peserta Musrenbang seraya berkata; “Ingat.. setelah Musrenbang ini selesai, tidak ada lagi kegiatan yang naik di tengah jalan, jadi usahakan semuanya terekap dalam musrenbang Kecamatan ini walau sampai tengah malam nanti. Tegas Yusuf Lubis. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial