Bupati Pasaman Resmikan Kantor Megah Wali Nagari Jambak

Bupati Pasaman Resmikan Kantor Megah Wali Nagari Jambak Wali Nagari Jambak Edi Jufri di dampingi Ketua Bamus Nagari Jambak sedang menyampaikan kata sambutan saat peresmian Kantor Wali Nagari Jambak yang megah. (Afzal)*

Pasaman, Kominfo --- Bupati Kabupaten Pasaman H. Yusuf Lubis, SH. MSi resmikan Kantor Megah Wali Nagari Jambak. Keberadaan Wali Nagari Jambak Lubuk Sikaping sampai saat ini sudah berulang kali berganti mulai dari semenjak era tahun seribu delapan ratusan ( 1800 ) dan sudah memiliki pejabat Wali Nagari, hal tersebut di sampaikan Wali Nagari Jambak Edi Jufri saat memberikan laporan kegiatan peresmian Kantor Wali Nagari tersebut secara terurai.

Dari pantauan jurnalistik Kominfo Pasaman di tempat acara berlangsung saat itu turut hadir Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama, Sejumlah anggota DPRD Pasaman dari dapil II, Staf Ahli Kantor Bupati, Asisten, Sejumlah OPD, Kabag di lingkungan Kantor Bupati, Direktur Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping Syafrizal Chan, Ketua GOW Pasaman Ny Mira Atos Pratama, Camat Kecamatan Lubuk Sikaping bersama muspika, Tokoh-tokoh masyarakat Nagari Jambak, serta undangan lainnya dari berbagai Nagari se-Pasaman, Selasa (29/01).

Selanjutnya ia menjelaskan, pelaksanaan pengerjaan Kantor Wali Nagari Jambak yang megah itu di laksanakan selama 40 hari dari 50 hari yang di jadwalkan dengan memakan dana lebih kurang sebesar tujuh ratus juta Rupiah ( Rp 700 juta), diatas tanah milik Nagari Jambak seluas 8 X 15 meter.

Pembangunan kantor Wali Nagari tersebut sengaja di buat bertingkat mengingat luas tanah hanya sedikit, selain itu mengingat tingkat kebutuhan dari pelayanan terhadap masyarakat yang cukup tinggi.

Sebelum menyampaikan amanat dan sambutannya Wali Nagari Jambak Edi Jufri mengajak Ketua BAMUS Nagari Jambak ikut serta mendampinginya di atas pentas peresmian, karena pembangunan Kantor Wali Nagari tersebut tidak terlepas dari kebersamaan antara pemerintah Nagari Jambak dengan perangkat-perangkatnya, juga Bamus dan masyarakat setempat.

Edi Jufri menyebutkan, usulan pembangunan kantor baru ini ada sejak 20 tahun silam dan baru tahun 2017 bisa dikabulkan. Fasilitas yang ada di kantor baru ini terdiri dari lantai satu untuk pelayanan masyarakat, ruang Walinagari, ruangan Seknag, tiga ruangan Kepala Urusan (Kaur) dan ruangan ibadah. Kemudian, di lantai dua terdapat aula untuk menggelar musyawarah nagari dan juga ruang ibadah.

"Pekerjaan dilaksanakan secara swakelola dan penyelesaiannya pada akhir desember 2017 lalu.

Atas dukungan seluruh masyarakat pembangunan kantor ini berjalan dengan lancar," sebut Walinagari.

Sebelumnya, Pemerintah Nagari Jambak menumpang di rumah dinas guru Sekolah Dasar dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan adanya kantor baru, tentu diharapkan adanya pelayanan terhadap masyarakat akan semakin meningkat.

Salah seeorang tokoh masyarakat Jambak pada kesempatan itu mengatakan, Dengan telah di bangunnya Kantor Wali Nagari yang sangat megah tersebut, atas nama masyarakat Jambak mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman terutama Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, Karena sudah lama mendambakan kantor yang refresentatif baru sekarang terlaksana tambahnya.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis pada kesempatan tersebut menyampaikan arahannya, “Dengan telah di resmikanya Kantor Wali Nagari Jambak ini setidaknya bisa di jadikan momentum untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang lebih prima.

Ia juga menyebutkan, selama tahun 2017 telah Tiga ( 3 ) kantor Wali Nagari di Pasaman yang telah di resmikan , diantaranya Kantor Wali Nagari Durian Tinggi , Kantor Wali Nagari Air Manggis, dan terakhir Kantor Wali Nagari Jambak itu.

Dengan telah berdirinya Kantor Wali Nagari yang baru ini dapat menjadikan semangat baru bagi perangkat nagari untuk bekerja dalam pelayanan terhadap masyarakat nagari setempat. Selain itu katanya, Arah pembangunan Nagari sudah searah dengan Program Nawacita Presiden Jokowi , dan untuk Kabupaten Pasaman Pembangunan di khususkan pada tingkat Kejorongan, untuk itu diperlukan Peran aktif dari masing masing masyarakat setempat. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial