Bupati Yusuf Lubis : Pasaman Lebih Maju Selangkah Dari Daerah Lain

Bupati Yusuf Lubis : Pasaman Lebih Maju Selangkah Dari Daerah Lain Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis sedang menyampaikan sambutan di hari peresmian Kantor Wali Nagari Jambak. (Afzal)*

Pasaman, Kominfo --- Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis dalam amanatnya saat menjelang peresmian kantor Wali Nagari Jambak mengatakan, “Jadikanlah momentum peresmian Kantor Wali Nagari Jambak ini sebagai upaya kita bersama di dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang berada di Nagari Jambak.

Dari pantauan langsung jurnalistik Kominfo Pasaman di tempat acara tampak hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, Ketua GOW Pasaman Ny. Mira Atos Pratama, Anggota DPRD Pasaman Dapil II, Staf Ahli Kantor Bupati, Asisten, OPD, Kabag dilingkungan Sekretaris Daerah Kantor Bupati Pasaman, Camat Lubuk Sikaping serta Muspika, Wali Nagari Jambak serta Bamus, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, serta undangan dari berbagai Nagari Se-Pasaman. Selasa (30/01).

Selanjutnya Bupati Pasaman mengatakan, “Momentum peresmian Kantor Wali Nagari Jambak pada hari itu Bupati Pasaman menegaskan bahwa; arah pembangunan Nagari di Kabupaten Pasaman sudah searah dengan Konsep Nawacitanya Presiden Joko Widodo yaitu Desa membangun Indonesia fokus pembangunan di mulai dari Desa/Nagari.

Kabupaten Pasaman sudah memulai dengan mewujudkan masyarakat Pasaman yang ejahtera, Agamis, dan Berbudaya.

Saat ini program pembangunan kita langsung ketitik sasaran, dimana salah satu konsentrasi Pembanguana Kabupaten Pasaman di fokuskan kepada kawasan Kejorongan dengan moto “Tertib, disiplin, berbunga, dan konsisten”. Tegas Bupati Yusuf Lubis

Bahkan ia juga membandingkan, “Jika daerah lain masih berbicara tentang konsep pembanguanan nagari, maka Kabupaten Pasaman sudah berbicara tentang konsep pembanguan di tingkat kejorongan melalui Dana Desa. “Artinya Kabupaten Pasaman sudah lebih maju selangkah. Papar Yusuf Lubis.

Ia juga mengaku, “untuk menjadikan masyarakat Kabupaten Pasaman yang Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya tidaklah semudah membalik telapak tangan, tentu, membutuhkan waktu, namun inilah tantangan menuju perubahan yang sebenarnya, karena memerlukan kerja keras kiita semua.

Namun ada cara mudah untuk mewujudkannya;

Pertama : Dimulai dari kita sendiri

Kedua : Bangunlah rasa memiliki Kabupaten ini seutuhnya, jika rasa memiliki ini sudah tumbuh, maka rasa peduli terhadap lingkungan itu pasti akan tumbuh untuk mewujudkan masyarakat Sejahtera.

Ketiga : Membiasakan hidup tertib, disiplin, dan berbunga.

Bupati Yusuf Lubis menyatakan sangat mengapresiasi atas selesainya pembangunan kantor Wali Nagari Jambak yang pembiayaannya di alokasikan melalui APB Nagari tahun 2017 dengan nilai lebih kurang Rp 700 juta dengan jadwal waktu cukup relatif singkat.

Ia sangat berharap kepada tokoh masyarakat Jambak, terutam Wali Nagari dan perangkatnya, “agar bangunan baru itu juga seiring dengan di perbaharuinya semangat kerja aparatur pemerintahan Nagari untuk lebih maksimal melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat.

Pada kesempatan itu juga Bupati Pasaman menghimbau masyarakat Nagari Jambak bahwa maju dan tidaknya nagari Jambak itu akan bergantung pada partisifasi masyarakat setempat sendiri.

Bupati sangat berharap agar Wali Nagari dapat lebih berinovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan Pendapatan Asli Nagari (PAN) melalui legalisasi urusan tersebut.

Dan terakhir sekali Bupati Yusuf Lubis menganjurkan agar perangkat nagari untuk belajar dan memahami teknologi yang terus berkembang, terutama komputerisasi, jangan sampai tertinggal, jangan cukup tahu saja dan bisa mengoperasikannya.

“Karena, saat ini, tegnologi yang menjadi basis pelaksanaan seluruh kegiatan administrasi kantor.

Pada kesempatan itu juga Bupati Pasaman menjawab akan permintaan dari Tokoh Masyarakat Nagari Jambak terhadap permohonan akan pembangunan itu agar dapat di tuangkan dalam putusan Musrenbang, mulai dari persoalan pembangunan sekecil-kecilnya sampai sebesar-besarnya, karena tidak ada lagi kegiatan yang naik di tengah jalan, saran Bupati Yusuf Lubis. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial