DISKOMINFO PASAMAN SELENGGARAKAN PELATIHAN SDM BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMASI

DISKOMINFO PASAMAN SELENGGARAKAN PELATIHAN SDM BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMASI Sambutan Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan SDM Komunikasi dan Informasi di Aula Wisma Equator Lubuk Sikaping.

Pasaman, PASAMANKAB.GO.ID --- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman Bidang Tegnologi Informasi dan Penyelenggaraan E-GOVERNMENT Budi Cendikia Putra, SE, Ak selenggarakan Pelatihan Sumber Daya Manusia Bidang Komunikasi Dan Informasi, di buka langsung oleh Bupati Pasaman yang di wakili oleh Sekretaris Daerah H.M. Saleh di Aula Wisma Equator Pasaman, Senin 20/11/2017.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Pasaman Anasrullah. SH. MH, menyampaikan dalam laporannya saat membuka acara pelatihan tersebut;

A. DASAR

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan DPA Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman tahun 2017 dan Keputusan Bupati Pasaman Nomor 188.45/ 1081/BUP-PAS/2017 tanggal 14 November 2017 tentang Penunjukan Panitia Pelaksana, Moderator, Instruktur, Asisten Instruktur dan Peserta Pelatihan Sumber Daya Manusia dalam Bidang Komunikasi Dan Informasi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman Tahun Anggaran 2017.

B. TUJUAN

Tujuan yang hendak dicapai dalam pelatihan ini adalah :

1. Meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia khususnya bagi Guru dan Staf Tata Usaha Sekolah Dasar dalam bidang Teknologi Informasi.

2. Mengembangkan peningkatan pembinaan kinerja sekolah yang efektif dan efisien untuk komputerisasi.

3. Membantu guru untuk menguasai teknologi komputer untuk proses pengetikan, proses entri data, presentasi dan informasi jaringan internet.

4. Menyiapkan guru-guru yang peduli dan cakap dalam memanfaatkan TIK untuk dunia pendidikan.

5. Membantu Guru dan Staf Tata Usaha menguasi dan memahami Sistem/Aplikasi yang ada di Kemendikbud.

C. PESERTA

Kegiatan ini diikuti oleh Guru dan Staf Tata Usaha Sekolah Dasar se-Kabupaten Pasaman dengan jumlah sebanyak 25 Orang.

D. WAKTU DAN TEMPAT Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 20 s/d 25 November 2017 di Penginapan Equator Pasaman Lubuk Sikaping.

E. MATERI PELATIHAN

Materi yang akan diberikan terdiri dari :

1. Kebijakan Pemerintah Kabupaten Pasaman dalam Pengembangan TIK.

2. Internet sebagai Media Pembelajaran :

- Email

- Browsing

- Social Network

- Blog

- Pengenalan hardware komputer dan manajemen file

3. Internet Sehat (Incakep), Internet untuk hidup lebih baik dan Undang-Undang ITE.

4. Microsoft Office yang terdiri dari Word, Excel, Power Point dan Publisher.

5. Pengenalan Komputer dan TIK serta Manajemen Data.

Bupati Pasaman yang diwakili oleh sekda HM. Saleh mengatakan dalam kata sambutannya saat membuka Pelatihan tersebut; “Teknologi informasi adalah suatu cara bagi pengguna media untuk mengkomunikasikan hal yang ingin mereka sampaikan kepada orang lain.

Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang pendidikan.

Selanjutnya Bupati Pasaman juga mengatakan, di era globalisasi ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi kebutuhan primer terutama dalam mendukung efektifitas dan kualitas pendidikan, dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, suatu proses dan kegiatan dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah dan efisien.

"Oleh karena itu penguasaan terhadap perangkat teknologi komunikasi perlu diajarkan pada semua tingkatan". Sarannya pada waktu pembukaan acara itu.

Tik merupakan sarana pendidikan yang dapat dimanfaatkan baik oleh pendidik, tenaga kependidikan maupun peserta didik dalam meningkatkan kualitas, produktifitas, efektifitas dan akses pendidikan.

Kembali Bupati Pasaman mengatakan; “Tik telah dijadikan katalis untuk mendongkrak mutu pendidikan, terutama apabila dikaitkan dengan konsep life skill".

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tik memegang peranan yang sangat penting dan banyak memiliki manfaat dalam dunia pendidikan terutama oleh tenaga pendidik. Sarannya. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial