Festival Equator Bonjol Menampilkan Lomba Jajanan Pasar Tradisional

Festival Equator Bonjol Menampilkan Lomba Jajanan Pasar Tradisional Poto bersama Ketua TP PKK Kab Pasaman bersama pemenang Lomba masakan jajan pasar tradisional

Pasaman, PASAMANKAB.GO.ID --- Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny. Gustinar Yusuf Lubis menyampaikan pidatonya di hadapan peserta lomba dalam rangka membuka acara Lomba Jajanan Pasar tradisional tingkat Kabupaten Pasaman.

“Lomba jajanan pasar tradisonal antar kecamatan merupakan salah satu lomba yang di adakan pada rangkaian acara festival Equator tahun 2017.

Lomba sebagai upaya dalam rangka melestarikan, mencintai serta mempromosikan jajanan pasar tradisonal merupakan produk asli Kabupaten Pasaman.

Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny Gustinar Yusuf Lubis mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini karena dengan adanya lomba ini dapat mengangkat jajanan pasar tradisional agar DI kenal oleh masyarakat Kabupaten Pasaman sendiri, maupun daerah lain serta wisatawan dalam negeri serta manca negara.

Kegiatan ini juga dapat menjadi daya tarik wisata, yang bisa menjadi ikon wisata di Kabupaten Pasaman.

Dari pantauan jurnalistik PASAMANKAB.GO.ID tampak hadir dalam acara lomba masakan jajan pasar tradisional ini adalah, Kepala Disporapar Ricky Riswandi, Ketua GOW Kabupaten Pasaman Ny Mira Atos Pratama, Ketua Persit Candra Kabupaten Pasaman, Ketua Darmawanita se-Kabupaten Pasaman, Ketua TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Pasaman, peserta lomba serta dewan juri, jurnalistik. Taman Budaya Equator Bonjol Selasa (19/9/2017).

Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny. Gustinar Yusuf Lubis juga berharap "jajanan tradisional yang mulai tergerus, terdekradasi oleh perkembangan zaman, dapat terangkat kembali".

Para peserta akan berupaya semaksimal mungkin menata, membentuk, mengkreasikan menjaga standar hygent dari jajanan, sehingga mampu bersaing dengan jajanan lain yang sudah di kemas secara moderen.

Bahkan Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny. Gustinar Yusuf juga mengatakan ucapan terimakasih pada dewan juri serta terimakasih kepada panitia yang sudah bekerja untuk mewujudkan acara itu, serta semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara itu, serta semua pihak yang turut andil mendukung acara itu.

Dan juga ucapan terimakasih dari Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny. Gustinar Yusuf Lubis kepada undangan yang sudah berkenan hadir, seraya berkata “selamat menyaksikan.”

Dengan mengucapkan Bismillah pada hari itu Selasa 19 September, bertempat di Taman Wisata Equator Bonjol Ny Gustinar Yusuf Lubis membuka acara lomba tersebut di dampingi oleh Ketua GOW Kabupaten Pasaman Ny Mira Atos Pratama.

Kepala Disporapar Kabupaten Pasaman Ricky Riswandi pun mengatakan pada saat menyampaikan laporan panitia pada kesempatan itu,”Tujuan kegiatan adalah;

Pertama; Melestarikan dan mempromosikan jajanan pasar tradisional agar bisa di nikmati oleh semua kalangan.

Kedua; Sebagai usaha untuk menjadikan daya tarik wisata di daerah sendiri.

Selanjutnya Kepala Disporapar itu juga menyampaikan; “Peserta dari utusan 12 Kecamatan Se-Kabupaten Pasaman, kebetulan pada kesempatan itu yang tidak bisa hadir bersama peserta yang lainnya adalah utusan Kecamatan Rao Selatan dan Kecamatan Tigo Nagari.

Waktu dan tempat acara di laksanakan hari selasa tanggal 19 September 2017 pukul 10:00 Wib, tempat taman wisata Equator Bonjol.

Dana kegiatan itu dari APBD Kabupaten Pasaman tahun 2017 Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata.

Kepada para pemenang di berikan tropy dan uang pembinaan. Tambahnya lagi.

Setelah berlangsungnya acara lomba, oleh dewan juri Ny. Tul Susilo CS menyampaikan pemenang kegiatan dengan berbagai kriteria penilaian.

Pemegang Juara I jatuh kepada PKK Utusan Kecamatan Bonjol tropy dan uang pembinaan di serahkan langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny Gustinar yusuf Lubis, juara II jatuh kepada PKK utusan Kecamatan Dua Koto tropy dan uang pembinaan di serahkan langsung oleh Ketua GOW Kabupaten pasaman Ny Mira Atos Pratama, juara III jatuh kepada PKK utusan Kecamatan Lubuk Sikaping. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial