H. ATOS PRATAMA BUKA LOMBA KADARKUM TINGKAT PASAMAN

H. ATOS PRATAMA BUKA  LOMBA KADARKUM TINGKAT PASAMAN Wakil Bupati Pasaman buka lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Kabupaten Pasaman, (10/10/2017)

Pasaman, Humas, Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama didampingi oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta  perwakilan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat  dan Kepala SOPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman membuka secara resmi lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat Kabupaten Pasaman, Selasa, (10/10) di Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping.

Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) dilaksanakan oleh Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman. Lomba tersebut diikuti oleh 12 kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum)  mewakili  Kecamatan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman.

Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman Eri Hermawan ketika berbincang dengan humas pemkab Pasaman mengatakan, pelaksanaan lomba tersebut bertujuan dalam rangka menumbuh kembangkan kesadaran hukum di tengah masyarakat sekaligus  memeriahkan hari ulang tahun Kabupaten Pasaman ke 72.

Eri Hermawan menambahkan, kepada pemenang lomba  diberikan hadiah dan piala berupa , juara satu uang pembinaan sebesar dua juta lima ratus ribu rupiah, juara dua uang pembinaan sebesar dua  juta rupiah , juara tiga uang pembinaan sebesar satu juta lima ratus ribu rupiah , juara harapan satu sampai dengan empat masing-masing sejumlah satu juta rupiah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat diwakili Kabid Pelayanan Hukum Rahmat Huda, S.H, M.M mengatakan, Kemenkumham Sumatera Barat  mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Lomba Kadarkum tersebut, karena belum semua Kabupaten/Kota yang berkesempatan mengadakan lomba dimaksud. Kegiatan lomba Kadarkum ini besar manfaatnya bagi masyarakat sekaligus untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat pemahaman masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan juga sebagai salah satu cara untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak terjerat masalah hukum.

“Rendahnya kesadaran hukum masyarakat masih sangat kita rasakan saat ini, hal ini terbukti masih banyaknya terjadi pelanggaran hukum yang sudah dan sedang diproses oleh aparat penegak hukum. Lomba Keluarga Sadar Hukum yang diselenggarakan saat ini  merupakan salah satu upaya penyebarluasan informasi dan memberikan pemahaman terhadap norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku”. Kata Wakil Bupati.

“Dengan pelaksanaan  Lomba Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) ini  kita jadikan momentum penegakan hukum dan menumbuh kembangkan budaya hukum di Kabupaten Pasaman , hingga terjadi percepatan pencapaian visi Pemerintah Kabupaten Pasaman, terwujudnya Masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya.” tambah H. Atos Pratama. (Harnel Libra)

 

Bagikan ke Jejaring Sosial