Musrenbang Kecamatan Dua Koto Sukses

Musrenbang Kecamatan Dua Koto Sukses

Pasaman, Kominfo --- Dalam rangka menyelenggarakan perencananna pembangunan daerah di Wilayah kecamatan Dua Koto, Camat Kecamatan Dua Koto selenggarakan Musrenbang tahun 2019 yang di adakan di tahun 2018 di buka oleh Bupati Pasaman yang di wakili oleh Kepala BAPPEDA Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak sekaligus menyampaikan amanat Bupati Pasaman.

Dari pantauan langsung Jurnalistik Kominfo Pasaman, tampak hadir dalam acara tersebut; Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak sekaligus mewakili Bupati Pasaman dalam rangka membuka acara sidang Musrenbang tersebut bersama staf, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasaman Mulyadmin, Kepala Dinas Kearsipan dan Pustaka Hafnison Lubis, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pilihan Hasibuan, Kepala Dinas DPP KB Kabupaten Pasaman Yusnimar, Kepala Dinas Kominfo yang di wakili Sekretaris, Muspika Kecamatan Dua Koto, Wali Nagari Se-Kecamatan dua Koto bersama perangkatnya, Tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Dua Koto, Kepala-kepala Sekolah, Koordinator Wilayah Pendidikan Dua Koto, Kepala-kepala jorong Se-Kecamatan Dua Koto di Aula Kantor Camat Dua Koto serta undangan lain, Rabu (07/02/2018).

Camat Kecamatan Dua Koto Khairul Ikhsan memaparkan dalam sambutannya; “Musrenbang untuk tahun 2019 yang di laksanakan pada tahun 2018 ini adalah musrenbang yang sangat luar biasa dari biasanya, untuk itu di harapkan kepada seluruh peserta undangan agar dapat betul-betul serius dalam rapat dan jangan pernah kembali pulang sebelum acara musrenbang selesai.

Sebagai delegasi dari berbagai kejorongan tentu lebih tau apa yang harus di sampaikan dalam acara musrenbang itu sesuai dengan kelompok musyawarah nantinya. Harap Camat Khirul Ikhsan. Sekaligus Camat Kecamatan Dua Koto Khairul Ikhsan paparkan pembangunan yang telah di laksanakan pada tahun 2017 yang lalu.

Dan pada tahun 2019 ini arah kebijakan pembangunan Kecamatan Dua Koto adalah menitik beratkan kepada perubahan dan peningkatan perekonomian masyarakat Kecamatan Dua Koto, Pembangunan pisik, dan Sosial Budaya.

Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak pada kesempatan itu sampaikan Sambutan Bupati Pasaman sekaligus membuka acara musrenbang Kecamatan Dua Koto, sekaligus juga memaparkan pembangunan yang telah di selenggarakan pada tahun 2017 yang lalu. Ia juga mengatakan maksud dan tujuan di selenggarakannya acara musrenbang Kecamatan Dua Koto ini adalah untuk; “ penajaman, penyelarasan, grafikasi dan kesepakatan rencana kegiatan pembangunan nagari yang di integrasikan dengan pembangunan daerah di wilayah kecamatan Dua Koto.

Bahkan Kepala BAPPEDA Pasaman Drs. H. Mara Ondak juga menghimbau seluruh peserta Musrenbang Kecamatan Dua Koto itu untuk selalu aktif dalam mengikuti semua rangkaina acara musrenbang yang berlangsung dan mengajukan berbagai inovasi dan perencanaan yang telah di tetapkan baik itu dalam musrenbang Kejorongan maupun musrenbang Nagari yang telah berlalu, bahkan bila masih ada yang belum termuat dalam kedua musrenbang tersebut agar dapat di masukkan dalam musrenbang Kecamatan itu.

Kepala BAPPEDA Pasaman Drs. H. Mara Ondak juga mengingatkan peserta musrenbang saat itu, “setelah musrenbang itu selesai maka tidak ada lagi kegiatan atau program yang naik di tengah jalan dan jangan pula menyalahkan siapa-siapa, karena setiap delegasi dari berbagai kejorongan dan tokoh masyarakat yang berhadir itulah yang lebih mengerti apa yang mesti di usulkan pada saat musrenbang itu.

Ia juga mengingatkan peserta musrenbang itu bahwa dalam musrenbang di tingkat Kabupaten Pasaman yang akan datang tidak ada penambahan pengajuan dalam rekap putusan musrenbang kecamatan, akan tetapi pengurangan ada. Jadi Musrenbang Kecamatan Dua Koto ini adalah final untuk di rekap dalam satu putusan dari berbagai kelompok yang di bentuk dan di bimbing oleh stokholder atau perwakilan dinas dari Kabupaten Pasaman.

Dari seluruh putusan tersebut Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak menyampaikan agar ada putusan untuk pembangunan yang bersifat skala prioritas. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial