Pemda Pasaman Selenggarakan Bursa Inovatif Desa 2017

Pemda Pasaman Selenggarakan Bursa Inovatif Desa 2017

Pasaman, Kominfo --- Pemerintah Daerah (PEMDA) Kabupaten Pasaman melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) selenggarakan Bursa Inovasi Desa 2017 di Arumas Hotel Lubuk Sikaping, yang di hadiri oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat, dan Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. MSi, serta menghadirkan seluruh pendamping dana desa se-Kabupaten Pasaman.

Adapun tujuan di selenggarakannya acara itu kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman M. Ikhsan. SIP. MSi adalah, “Untuk menampilkan kegiatan-kegiatan yang telah dinilai inovatif, menampilkan ide-ide kreatif terutama menampilkan kegiatan pembangunan nagari, membangun komitmen reflikasi dan menjaring inovasi yang belum terdokumentasi di Kabupaten Pasaman, Papar M. Ikhsan SIP. MSi Pelaksanaan kegiatan tersebut, kata Kadis DPM Pasaman M. Ikhsan. SIP.MSi pada hari rabu tanggal 27 Desember 2017 bertempat di Arumas Hotel.

Setelah pembukaan, Kegiatan Bursa Inovasi Nagari di lanjutkan dengan; Pemutaran video inovasi, bell jenis inovasi, Bursa A Bidang Sumber Daya Manusia, Bursa B bidang infrastruktur dan kewira usahaan, pengisian dan pengambilan komitmen oleh nagari ke panitia, dan juga penyerahan sertifikat oleh panitia.

Selanjutnya Kadis DPM Pasaman M. Ikhsan, SIP, MSi juga menyampaikan; “Peserta kegiatan adalah TPID Kecamatan Se-Kabupaten Pasaman sebanyak 7 x 12 samadengan 84 orang, Wali Nagari dan Bamus sebanyak 74 orang, Camat se-Kabupaten Pasaman sebanyak 12 orang, Tim inovasi Kabupaten Pasaman sebanyak 33 orang, Pendamping P3MD Kabupaten Pasaman (TA PD dan PLD) berjumlah 74 orang.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. MSi menyampaikan dalam sambutannya bahwa,”Bursa inovasi yang di laksanakan merupakan bagian dari program inovasi nagari, sehingga melalui kegiatan ini akan terjadi pertukaran pengetahuan, kegiatan-kegiatan yang inovatif, member inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan nagari. Sebut Yusuf Lubis dalam sambutannya saat itu.

Dalam kegiatan Bursa Inovasi Nagari ini akan di tampilkan kegiatan-kegiatan yang telah dinilai inovatif dan menampilkan ide-ide kreatif terutama terkait kegiatan pembangunan. Sebutnya kembali.

Pada kesempatran itu juga telah di laksanakan penandatanganan nota kesepahaman bersama tentang pengawasan pencegahan dan penanganan permasalahan dana desa di Kabupaten Pasaman antara Bupati Pasaman dengan Kapolres Pasaman.

Hal itu di lakukan adalah untuk menindak lanjuti MoU antara Kemendagri dan Kemendes PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia, dan Kapolri, sebagai upaya lebih meyakinkan pemerintah dalam pelaksanaan dana desa yang tepat sasaran dan tepat program. Kata Yusuf Lubis. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial