PEMDA PASAMAN SELENGGARAKAN PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN RESPONSIF GENDER

PEMDA PASAMAN SELENGGARAKAN PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN RESPONSIF GENDER Sekda Pasaman H.M. Saleh sedang menyampaikan sambutan dalam pembukaan pelatihan PPRG Kabupaten Pasaman. (Afz)*

PASAMANKAB.GO.ID, Pasaman --- Pemerintah Daerah di amanatkan untuk melaksanakan strategi pembangunan dengan mengintegrasikan gender menjadi satu kesatuan dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pembangunan di daerah.

Hal ini di sampaikan oleh Bupati Pasaman yang di wakili Sekretaris Daerah H.M. Saleh saat membuka acara PELATIHAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN RESPONSIF GENDER.

Dari pantauan jurnalistik PASAMANKAB.GO.ID di tempat acara turut berhadir dalam kegiatan itu, BAPPEDA Provinsi Sumatera Barat yang di wakili Yudha Prima. SSTP sekaligus narasumber, Henneldi. S.Pi dari DPP-PA Provinsi Sumatera Barat sekaligus narasumber, Kepala BAPPEDA Pasaman di Wakili sekretaris, Kepala DPP-PA Pasaman selaku Sekretaris Pokja PUG, Kepala OPD Se-Pasaman selaku anggota Pokja PUG, Tim Penggerak PPRG Pasaman, Focal Point OPD Kabupaten Pasaman, Panitia dan seluruh peserta pelatihan PPRG, di Gedung Pertemuan Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping (8/5/2018).

Bupati Pasaman melalui Sekretaris daerah Kabupaten Pasaman H.M. Saleh berharap, Setelah mengikuti pelatihan ini, setiap OPD akan mampu merumuskan dan mengakomodir isu gender dalam Rencana Kerja OPD setiap tahunnya.

Bahkan Sekda juga menekankan bahwa berdasarkan pasal 3 Permendagri Nomor 15 tahun 2008 yang telah diubah dengan Permendagri Nomor 67 tahun 2011 dimana kesetaraan gender dalam proses dan pelaksanaan pembangunan terciptanya kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan serta dalam menikmati hasil pembangunan.

Pemerintah Pusat juga akan memberikan apresiasi berupa penghargaan Anugrah Prahita Ekapraya (APE) atas upaya pengarusutamaan gender yang kita laksanakan. Sekalipun bukan ini tujuan akhir dari langkah kita namun kiranya dapat menjadi pemacu dan penyemangat dalam menggalakkan pengarusutamaan gender di Kabupaten Pasaman.

Dan pada kesempatan itu juga Bupati Pasaman melalui sekda menyampaikan ucapan terimakasih Kepada Yudha Prima. SSTP dari BAPPEDA Sumbar, dan Hennaldi. S.Pi dari DPP-PA Sumabar yang telah meluangkan waktu untuk berhadir di Kabupaten Pasaman dalam rangka menyampaikan materi pada pelatihan PPRG ini.

Bahkan Bupati Pasaman juga tidak melupakan untuk menyapa seluruh peserta, sekaligus meminta agar dapat mengikuti pelatihan sampai pada akhir dari jadwal yang telah di tetapkan oleh panitia.

Sekaligus beliau juga menyampaikan harapannya bagi mereka alumni pelatihan nantinya dapat memperoleh ilmu yang sangat bermanfaat bagi pembangunan masyarakat terutama dalam mengakomodir isu gender dalam perencanaan pembangunan di Kabupaten Pasaman.

Sebelumnya Kepala BAPPEDA Kabupaten Pasaman selaku Ketua Pokja PUG melalui Sekretaris BAPPEDA Pasaman CHOIRUDDIN BATUBARA, SE. MM menyampaikan, Waktu pelaksanaan pelatihan satu hari penuh Selasa 8 Mei 2018/22 Sya’ban 1439 H, dan Peserta seluruh Kepala OPD Kabupaten Pasaman selaku anggota Pokja PUG beserta Pejabat Pengelola Perencanaan dan Penganggaran pada OPD se-Pasaman, juga Tim penggerak PPRG Kabupaten Pasaman Tahun 2018.

Terakhir sekali Bupati Pasaman dengan mengucapkan Basmallah membuka acara pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Kabupaten Pasaman. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial