Pemkab Pasaman Selenggarakan Upacara Memperingati Hari Pahlawan Ke-72 Penuh Hikmad

Pemkab Pasaman Selenggarakan Upacara Memperingati Hari Pahlawan Ke-72 Penuh Hikmad Inspektur Upacara Memperingati hari Pahlawan Ke-72 Bupati Pasaman Yusuf Lubis sedang membacakan Amanat Menteri Sosial RI.

Pasaman, Kominfo --- Dalam Rangka memperingati Hari Pahlawan Ke-72 Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis bertindak selaku Inpektur Upacara ( Irup ) Pada Peringatan ke- hari Pahlawan Ke-72, dan berperan sebagai panitia pelaksana Upacara tersebut Dinas Sosial Kabupaten Pasaman dibawah Pimpinan Efka Emi. SH.

Dari pantauan jurnalistik Kominfo Pasaman turut hadir pada acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda ) Pasaman, Pimpinan BUMN, BUMD, Kepala OPD, Ketua Legiun Veteran Kabupaten Pasaman dan anggota, Orpol, Ormas , ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman. Satuan Polres Pasaman, Kesatuan Kodim 0305 Pasaman, Para Akademik dan Pelajar SLTP, SLTA Se-Lubuk Sikaping di pelataran kantor Bupati Pasaman, Jum’at (10/11).

Saat upacara tersebut Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis membacakan amanat Menteri Sosial RI yang berisikan pesan-pesan para pahlawan yang dapat di jadikan sebagai rujukan dalam membangun Negara.

Sedangkan tema yang diambil dalam peringatan kali ini “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

Di samping itu peringatan hari pahlawan ini mempunyai arti penting untuk mengenang para Pahlawan yang telah gugur dalam berjuang untuk kemerdekaan negara ini. 

Selain itu ada pesan dari para pejuang yang harus kita laksanakan yakni “Mari bersatu dulu baru dilaksanakan kehidupan bernegara”.

Dalam sambutan yang di bacakan oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis tersebut juga di singgung tentang penegasan Bung Karno yakni, “Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang menghargai jasa Para Pahlawanya”, pesan singkat tersebut, mempunyai arti yang sangat mendalam sekali bagi rakyat Indonesia.

Selanjutnya Bupati Pasaman Yusuf Lubis juga membacakan dengan tegas “Dengan keberanian para pejuang tersebut menjadikan modal bagi bangsa ini untuk mencapai harapan yang lebih baik, hal tersebut telah di tambatkan oleh Pemerintahan sekarang Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Yusuf Kalla melalui sebuah Visi Transpormatif yang mengarahkan dan menghimpun Gerak seluruh elemen rakyat indonesia yaitu “ "Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, Mandiri dan berkepribadian berlandaskan Gotong Royong”.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ada 9 (Sembilan) hal yang yang telah di rumuskan sebagai agenda prioritas pemerintah Repulik Indonesia yang di sebut “ Nawa Cita “ yang dibagi dijadikan kedalam 3 ( Tiga ) Ranah yakni Ranah Material , Ekonomi dan Ranah Politik.

Dari ketiga ranah ini Pemerintah berusaha melakukan perubahan secara Askeleratif berlandaskan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

Puncak Peringatan Hari Pahlawan tersebut juga di lanjutkan dengan Ziarah Nasional dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Husada Bhakti Lubuk Sikaping yang di pimpin oleh Kapolres Pasaman AKBP Reko Indro Sasongko. SH, di ikuti oleh para peserta upacara lainnya termasuk di antaranya Bupati Pasaman Yusuf Lubis bersama sejumlah kepala OPD. 

Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud untuk penghormatan terhadap para pejuang Kemerdekaan negeri ini. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial