Penanggulangan Stunting, DPPKB Dan IBI Pasaman Gelar Kesepakatan Bhakti Sosial

Penanggulangan Stunting, DPPKB Dan IBI Pasaman Gelar Kesepakatan Bhakti Sosial

PASAMANKAB.GO.ID, Pasaman --- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Barencana (DPPKB) Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat di bawah kepemimpinan Dra Hj Yusnimar gelar rapat kesepakatan Bhakti Sosial bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Pasaman.

Rapat kesepakatan itu di hadiri oleh Sekda Pasaman H.M. Saleh, SH, MM, Kapala DPPKB Pasaman Dra. Hj. Yusnimar, Kabid KB dari BKKBN Provinsi Sumbar Gusrizal. Ketua IBI Pasaman dan Ketua Ranting Kecamatan se Kabupaten Pasaman serta kepala Puskesmas se Pasaman. Di Lantai III Kantor Bupati Pasaman, Kamis (29/03/18).

Pasaman merupakan Kabupaten pertama kali di Sumatera Barat yang melaksanakan kerjasama KB dengan IBI untuk penanggulangan Stunting.

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Stunting terjadi mulai janin masih dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berumur 2 tahun sehingga akan mempengaruhi pertumbuhannya.

Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, melalui Sekretaris Daerah H.M.Saleh, SH dalam sambutannya menyampaikan, “Atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kepada IBI telah mendukung program KB di Pasaman.

"Melalui kerjasama KB dengan IBI, kami berharap dapat mengarahkan program penanggulangan Stunting, untuk Pasaman bebas Stunting", sebut H.M. Saleh.

Beliau menyampaikan bahwa peningkatan program KB akan mempengaruhi ekonomi dan pencapaian visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, yakni Masyarakat Pasaman Sejahtera, Agamis dan Berbudaya.

"Kami mengharapkan kerjasama ini dapat dilaksanakan sebaik mungkin. Kepada Bidan berikanlah pelayanan yang baik, dimana ada Bidan disitu ada KB dan dimana ada KB disitu ada Bidan", tuturnya.

Kemudian Gusrizal selaku Kabid KB dari BKKBN Provinsi Sumbar dalam sambutannya menyampaikan, “ Ucapan terimakasih Kepada IBI yang telah melaksanakan program KB di Kabupaten Pasaman.

Sekaligus menyampaikan kata harapan dalam sambutannya mengatakan, "Nanti kita akan melaksanakan penilaian individu Bidan yang melaksanakan pelayanan KB di Kabupaten Pasaman", Papar Gusrizal. (TIM KOMINFO)*

Bagikan ke Jejaring Sosial