SATU HARI BAZNAS PASAMAN DI KECAMATAN DUA KOTO

SATU HARI BAZNAS PASAMAN DI KECAMATAN DUA KOTO Ahmad Azizan salah seorang anggota DPRD Pasaman sedang menyerahkan bantuan dana dari Baznas Pasaman kepada salah seorang Muzakki di Kecamatan Dua Koto. (Afz)*

PASAMANKAB.GO.ID, Pasaman --- Bangun Nagari dengan 5 (lima) pilar pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera lahir dan bathin, Agamis dan Berbudaya itu.

  1. Bagi yang punya harta telah mencukupi satu nizab zakatkan, Infakkan, Sedekahkan, atau sumbangkan, dan
  2. Kalau tidak punya harta jangan pernah berhenti bangun nagari ini dengan pikiran yang positif, jangan jadi pecundang,
  3. Bangun Pasaman ini dengan tenaga, jangan gunakan tenaga itu untuk melempar Kantor Camat, menendang pot bunga
  4. Bangun negeri ini dengan do’a
  5. Kalau juga membangun negeri dengan (duit tidak punya, pikiran juga tidak, do’a juga tidak bisa, maka diam saja dan jangan memfitnah, dan jangan pula jadi tukang kompor).

Nada dan Dakwah dalam tauziyahnya Uztad H. Syafrizal, Sf, SIQ, S.Ag, M.MPd begitu kental dan bersahaja sehingga para jamaah yang berhadir pada saat itu terpukau, terperangah, terpesona.

Dalam kegiatan penyaluran zakat dari Baznas Pasaman itu turut serta berhadir, anggota DPRD Pasaman, Ahmad Azizan, SE, M.Si, Kapolres Pasaman di Wakili oleh Kabag Humasy Syafrizen, SH Ketua Baznas Pasaman beserta staf, Camat, KUA, Wali Nagari, serta Mustahiq dan calon muzakki, di Masjil Al Ikhlas Pasar Simpang Tonang, Senin (4/5/2018).

Selanjutnya Uztad H. Syafrizal juga mengatakan, “Zakat masyarakat Kecamatan Dua Koto yang telah dapat di kumpulkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pasaman mulai dari bulan Januari hingga bulan April berkisaran Rp 24 juta, terdiri dari zakatnya para ASN/PNS sedangkan zakatnya para saudagar, zakatnya anggota DPRD, Wali Nagari tidak termasuk di dalamnya karena tidak di kumpulkan, juga tidak pernah mereka serahkan pada Baznas Pasaman. Papar Ketua Baznas Pasaman ini dengan polosnya.

Adapun besaran bantuan Zakat yang di salurkan oleh Baznas Pasaman pada kesempatan itu di Kecamatan Dua Koto sekitar Rp 167.000.000,- (seratus enam puluh tujuh juta rupiah).

Jadi besarnya kekurangan dana zakat yang terkumpul dari kecamatan Dua Koto itu di tutupi dengan bantuan zakat para perantau sukses Pasaman, seperti H. Hasbullah, Nst,

Ia juga mengajak, menghimbau saat tauziyahnya berlangsung, pada masyarakat Kecamatan Dua koto yang telah memiliki harta bila telah tercapai nisabnya agar dapat untuk menyalurkannya pada Baznas Pasaman, karena bila zakat-zakat itu dapat di kelola dengan baik lagi sempurna, juga professional akuntabel dan amanah, Inshaa Allah Nagari kita ini dapat kita bangun.

Seluruh anggota DPRD Pasaman sebanyak 35 orang anggota zakatnya setor ke Baznas, maka masyarakat banyak terbantu.

Seluruh Wali Nagari di Pasaman sebanyak 62 orang Wali Nagari mereka serahkan Zakatnya pada Baznas Pasaman Insha Allah masyarakat Nagari itu juga banyak tertolong.

Dan atau masyarakat umum yang dermawan, juga berkemampuan mengumpulkan zakat malnya pada Baznas Pasaman, atau Infak, maupun sedeqahnya, tentu saja secara tidak langsung maka pasaman ini aqkan lebih tercipta sebagai masyarakat yang paling Agamis dan rahmad dari Allah akan berlipat ganda, Seru Uztad h. Syafrizal saat itu.

Zakat yang di terima dari Kecamatan Dua koto terhitung dari bulan Januari sampai dengan April 2018 lebih kurang Rp 24 juta, sedangkan yang di salurkan oleh Baznas Pasaman 167.000.000,- kekurangan ZIS itu di peroleh dari perantau asal Pasaman yang tersebar di nusantara salah satu contoh salah satu pengusaha sukses H. Hasbullah Nst, Paja Rao Batam, Malaysia, Singapur, Pekanj Baru dan DKI dll.

Adapun agenda SEHARI BAZNAS PASAMAN DI KECAMATAN DUA KOTO, pagi Baznas acara di SMPN 1 Dua Koto, dengan materi Zakat dan Pembinaan Akhlak, setiap siswa tingkat SLTP yang kurang mampu BAZNAS Pasaman membantunya 20 orang penerima yang mereka itu tidak mendapatkan bantuan beasiswa kurang mampu,

Setelah acara berlangsung di Masjid Al-Ikhlas Pasar Simpang Tonang, di lanjutkan dengan acara Tabligh Akbar di Pagaran, bersama-sama ibuk-ibuk majelis ta’lim, dan Wirid Yasin, Papar Uztad H. Syafrizal pada media PASAMANKAB.GO.ID. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial