Sidang Paripurna Istimewa Ke-III DPRD Pasaman Tentang HUT Pasaman Ke-72

Sidang Paripurna Istimewa Ke-III DPRD Pasaman Tentang HUT Pasaman Ke-72 Suasana menjelang Sidang Paripurna Istimewa III DPRD Kab Pasaman tentanmg HUT Pasaman.

Pasaman, Kominfo --- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman selenggarakan Sidang Paripurna Istimewa ke-III tahun 2017 tentang hari jadi Kabupaten Pasaman yang ke-72 cukup meriah dan kondusif.

Dari pantauan jurnalistik Kominfo turut hadir pada acara tersebut , Gubernur Sumatera Barat yang di Wakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Muhammad MN, Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis , Ketua ,Wakil Ketua beserta anggota DPRD Pasaman, Bupati Pasaman Barat Syahiran, Bupati Padang Lawas mewakili, Bupati Madina mewakili, Bupati/Walikota se- Sumatera Barat mewakili , Mantan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Benny Utama dan Danil , Ketua DPRD Propinsi Sumatera Barat di Wakili , oleh Sabar AS, Yusmiati , Muzli M Nur, Ketua dan anggota DPRD dari Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, Lantamal Padang di wakili, Tokoh Masyarakat Pasaman, Kepala OPD Pasaman, dan ratusan undangan lainya, di Ruang Sidang Utama DPRD Pasaman, Ahad (8/10).

Sidang Paripurna Istimewa ke-III itu di buka langsung oleh Ketua DPRD Pasaman Yasri di dampingi oleh Wakil Ketua II Haniful Khairi juga di hadiri 18 (delapan belas) orang anggota DPRD lainnya dari berbagai fraksi.

Ketua DPRD Pasaman Yasri pada waktu sidang itu memberikan kesempatan kepada Bupati Pasaman menyampaikan sambutannya, “Pertumbuhan Ekonomi Positif Pasaman berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Pasaman adanya Peningkatan sebesar 5,06% ini disebabkan oleh adanya kondisi keamanan, kenyaman politik yang stabil dan terjaga.

Selain itu katanya Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis di dukung pula oleh kerja keras seluruh komponen jajaran di Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman tanpa terkecuali adanya dukungan dari seluruh unsur masyarakat.

Selain itu kata H. Yusuf Lubis, dari data adanya Penurunan tingkat kemiskinan di Kabupaten Pasaman, yakni dari 8,14% pada tahun 2015 berkurang menjadi 7,65% pada tahun 2016, Sedangkan untuk Indek Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 7,63% menjadi 7,69%. dan untuk Peningkatan Infrastruktur seperti jalan juga meningkat, dari 50,49% pada tahun 2015 meningkat menjadi 52,87%.

Sedangkan sektor pengairan irigasi juga meningkat, yang mana untuk tahun 2015 hanya terealisasi sebesar 61,57% dan untuk tahun 2016 meningkat menjadi 62,72%. Dalam hal ini Pemerintah Daerah Pasaman akan terus meningkatkan pencapaian pertumbuhan ekonomi, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Pasaman secara keseluruhan. Sebutnya.

Itu terkandung dalam visi Pemerintah Daerah yakni “Tercapainya Masyarakat Pasaman yang Sejahtera , Agamais dan Berbudaya. Sebutnya lagi Gubernur Sumatera Barat yang di Wakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan dalam sambutanya mengatakan, “Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman sangat serasi dengan berpakaian budaya Mandailing dan Minang saat ia menbacakan sebuah puisi sebelum menyampaikan sambutan gubernur.

Dengan peringatan hari jadi ini dia mengajak untuk sama sama memberi makna apa saja yang perlu kita koreksi dan seberapa capaian yang kita hasilkan, dan tak kalah pentingnya kita harus bersyukur dengan apa yang telah kita perbuat selama ini, dan tentu kita akui masih banyak tantangan yang perlu kita hadapai tambahnya.

Selanjutnya ia menyarankan, “jika sekiranya Pasaman ingin maju, maka bangunlah komunikasi yang bagus antara legislatif dan eksekutif, ia juga menambahkan bahwa kesuksesan daerah merupakan kesuksesan kedua lembaga tersebut.

Ia juga meyampaikan beberapa hal yang perlu di ingat diantaranya; Innventarisir seluruh tugas- tugas yang belum terealisasi dengan mempertimbangkan skala prioritas pembangunan daerah, perkuat komitmen bersama untuk memperkuat pelayanan terhadap masyarakat, ciptakan inovasi- inovasi terbaru, manfaatkan segala Sumber Daya Alam (SDA) yang ada.

Sarannya Diakhir sambutanya ia mengucapkan selamat atas hari jadi Kabupaten Pasaman yang ke 72 ini, semoga dengan peringatan hari jadi ini akan memberikan inovasi terhadap jajaran pemerintah dan masyarakat Pasaman untuk membangun masyarakat yang lebih baik tambahnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Pasaman Profesor Doktor Gusti Adnan dalam sambutanya pada acara tersebut menyampaikan,, “dengan perayaan ulang tahun kita akan bisa menginstropeksi dengan apa yang telah kita perbuat, selanjutnya ia sangat mengapresiasi terhadap keberagaman Pasaman dan keharmonisan masyarakat Pasaman yang multi etnis di tambah lagi pakaian yang di pakai oleh Bupati dan Wakil Bupati saat itu yang sangat ideal sekali, Sebutnya

Terakhir sekali sidang paripurna istimewa ke-III itu di tutup oleh ketua DPRD Pasaman Yasri sekaligus mengundang para tamu yang berhadir untuk makan bersama atas hidangan yang telah di sediakan oleh panitia. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial