SOSIALISASI KKBPK DENGAN TEMA “GenRE Kreatif" BERLANGSUNG MERIAH DAN SUKSES

SOSIALISASI KKBPK DENGAN TEMA “GenRE Kreatif

Pasaman, Humas-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pasaman didukung penuh oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan sosialisasi Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan tema “Genre Kreatif”. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Mega Wisata kuliner Kecamatan Bonjol, Minggu (17/12).

Kegiatan sosialisasi diawali dengan sepeda santai dari Lubuk Sikaping ke equator Bonjol (lebih kurang 15 Km), dilanjutkan dengan senam kesegaran jasmani di halaman museum Tuanku Imam Bonjol dilanjutkan dengan jalan santai dari museum ke tempat acara pokok Mega Wisata Kuliner.

Sosialisasi berlangsung meriah dihadiri oleh Sekretaris Utama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) H. Nofrijal, Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama, unsur Forkopimda Kabupaten Pasaman Kepala perwakilan BKKBN Propinsi Sumatera Barat Syahruddin, Kepala SOPD, Kepala Bagian, Camat serta Walinagari dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman.

Hj. Yusnimar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pasaman dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini antara lain adalah, salah satu upaya  membentuk generasi yang tangguh, kuat ulet dan berjiwa kepemimpinan.

Dia menambahkan, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh lebih kurang 700 peserta terdiri dari Pembina, pengurus dan anggota PIK remaja SLTA se Kabupaten Pasaman, penyuluh KB dan kepala UPT DPPKB, kader PPKBD, kader sub PPKBD, ketua BKB, pegawai DPPKB, ketua kelompok UPPKS, perwakilan Kelompok Kerja Guru (KKG) se Kabupaten Pasaman.

H. Atos Pratama Wakil Bupati Pasaman dalam arahannya menyampaikan, remaja merupakan pemuda dan pemudi harapan bangsa ini. Mereka harus dijauhkan  dari kasus asusila, perkelahian, narkoba, foya-foya, hura-hura dan perbuatan kriminal lainnya. Untuk itu, Pemerintah Daerah menyambut baik, bahkan selalu akan mendukung dengan optimal kegiatan-kegiatan seperti ini. Kita telah buktikan forum remaja seperti Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja telah secara nyata memberikan kontribusi dalam pembinaan sikap mental dan perilaku remaja.

Sementara H. Nofrijal Sestama BKKBN Pusat mengatakan, remaja kita harus memiliki kemampuan berkomunikasi, kemampuan berteman, kemampuan berpidato, kemampuan menulis, kemampuan menghibur, kemampuan menjalin kerjasama, kemampuan berinteraksi dengan kelompok lain yang kita kenal dengan softskill.

“Anak-anak genre harus belajar tentang Softskill ini, anak-anak genre disiapkan untuk memiliki kemampuan softskill ini. Kemampuan softskill tidak didapatkan di sekolah kecuali melalui organisasi OSIS dan ekstra kulikuler. Ujar plt kepala BKKBN ini menambahkan.

Acara sosialisasi KKBPK dilengkapi dengan kuis berhadiah, penampilan seni anak-anak genre, pelayanan KB, pelayaan pencatatan sipil, penanaman pohon, dialog interaktif, arung jeram dan pemutaran film. (Harnel Libra)

 

 

Bagikan ke Jejaring Sosial