UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI PASAMAN BERJALAN HIKMAD

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI PASAMAN BERJALAN HIKMAD pancasila

Humas/Kominfo  _ Peringatan hari lahirnya Pancasila tanggal 1Juni 1945 di Kabupaten Pasaman diperingati melalui upacara bendera dengan hikmat dihalaman kantor Bupati pada kamis pagi (1/6) pukul 08.00 Wib.
Ikut hadir Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Forkopimda, Wakil Bupati Atos Pratama, Sekda M. Saleh dan sejumlah peleton dari TNI, Polri, ASN, Mahasiswa dan pelajar.
            Dandim 0305 Pasaman Letkol Arm Cosmas Pramundhito, SH. selaku Irup bacakan amanat tertulis presiden RI jokowi dihadapan peserta upacara bendera yang dikemas sederhana dengan pengimbaran Bendera Merah Putih serta pembacaaan teks Pancasila.
Dalam amanat Presiden RI itu antara lain “Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat.
Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan ldeologiPancasila. Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga
Baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam k ehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan. Pengentasan kemiskinan,pemerataan kesejahteraan
dan berbagai program lainnya,menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.  kita juga
harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti-Pancasila, Anti-UUD 1945, Anti-NKRl, Anti-Bhinneka Tunggal Ika.
Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi lndonesia “
Dalam berakhirnya amanat “Presiden Republik Indonesia” yang dibacakan oleh Letkol Arm Cosmas Pramundhito mengatakan “Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila”.
Bupati Pasaman Yusuf Lubis, mengapresiasi peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan oleh Pemkab Pasaman. “Memperingati lahirnya Pancasila yang sangat berarti bagi bangsa karena sebagai pemersatu bangsa,” kata Bupati.
Pancasila sebagai penangkal ancaman yang terus terjadi disejumlah daerah di Indonesia, diantaranya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. “Kita sebagai bangsa Indonesia harus menanamkan nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila dijunjung tinggi untuk pemersatu bangsa,” pesan Bupati.
Hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan Presiden Jokowi melalui Kepres Nomor 24 Tahun 2016, selain itu meski tepatnya dihari libur nasional namun tetap diperingati. (di)
 

Bagikan ke Jejaring Sosial