Bupati Pasaman Buka Puasa Bersama dengan Camat , Wali Nagari , dan Bamus se Kabupaten Pasaman

Bupati Pasaman Buka Puasa Bersama dengan Camat , Wali Nagari , dan Bamus se Kabupaten Pasaman

PasamanKab- Dalam rangka membangun ukhuwah Islamiah, silaturrahim, dan kebersamaan, Benny Utama Bupati Pasaman adakan acara buka bersama dengan Camat, Wali Nagari, dan Bamus Nagari se Kabupaten Pasaman di Balerong Pusako Anak Nagari di Lubuk Sikaping (Senin, 03/05/2021)

Acara diawali dengan shalat maghrib berjamah di Mushalla Ulil Amri dengan imam Ustad DR.Erwan,S.HI, kemudin buka puasa bersama di Balerong Pusako Anak Nagari.

Ustad DR.Erwan,S.HI pada tausiyahnya sewaktu acara buka bersama tersebut menyampaikan bahwa 4 nasehat para ulama sebelum Ramadhan berakhir :

1. Ibnu Rajab rahimahullah berkata, “Wahai hamba-hamba Allah, sungguh bulan ramadhan ini akan segera pergi dan tidaklah tersisa darinya kecuali sedikit. Maka barang siapa telah mengisinya dengan baik, hendaklah menyempurnakannya. Dan siapa yang maksimal mengisinya dengan baik, hendaklah ia mengakhirinya dengan (amal-amal) yang baik”.

2. Ibnul jauzi rahimullah berkata, “Sesungguhnya kuda pacu apabila sudah mendekati garis finish, ia akan mengarahkan seluruh tenaganya untuk memenangkan lomba. Maka jangan sampai anda kalah cerdas dari kuda, karena sesungguhnya amalan itu ditentukan oleh penutupnya jika anda belum menyambut Ramadhan dengan baik, paling tidak anda dapat melepasnya dengan baik”.

3. Imam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata, “Yang menjadi tolak ukur (penentuan) adalah kesempurnaan diakhir amalan, bukan kekurangan di awalnya”.

4. Imam hasan Al-bashri rahimahullah berkata, “Perbaiki (perbaguslah) yang tersisa, maka Allah akan mengampuni apa yang telah lalu. Manfaatkanlah hari yang masih tersisa, karena anda tidak tahu kapan meraih rahmat Allah bisa jadi di hari-hari akhir Ramadhan ini)”.

Sebelum acara buka puasa bersama, para Camat, Wali Nagari, dan Bamus Nagari se Kabupaten Pasaman pada pukul 13.30-17.00 Wib mengikuti Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari di aula lantai 3 Kantor Bupati Pasaman.

Rakor tersebut di hadiri oleh Bupati Pasaman, Forkopimda, Sekda,, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman, dan Kabag Tapem Sekretariat Daerah. Pada Rakor tersebut narasumber adalah Bupati Pasaman dengan materi “Etika Penyelenggaraan Pemerintahan”, Kajari Pasaman dengan materi “Pencegahan Terhadap Penyalahgunaan Kewenangan di Nagari”, Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping dengan materi “Peran Pemerintah Nagari Dalam Mengurangi Sengketa Pertanahan”, Kapolres Pasaman dengan   materi “Fungsi Polri Dalam Pemberdayaan Masyarakat danPenegakan Hukum Dalam Penanganan Covid-19”, Dandim 0305 Pasaman dengan materi “Peran TNI Dalam Penanganan Covid-19”.

 

 

Bagikan ke Jejaring Sosial