LSM Fopbindo Sumbar Bersinergi Bersama Kasat Narkoba Polres Pasaman Selamatkan Pelajar Dari Bahaya Narkoba

LSM Fopbindo Sumbar Bersinergi Bersama Kasat Narkoba Polres Pasaman Selamatkan Pelajar Dari Bahaya Narkoba Kasat Narkoba polres Pasaman Roni, SH sedang sampaikan materi Tentang Bahaya Narkoba pada peserta Seminar. (TIM)

KOMINFO, Pasaman – Menyelamatkan generasi muda terutama dari kalangan pelajar dari pengaruh Narkoba, khususnya di Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, DPD LSM Forum Peduli Bangsa Indonesia (Fopbindo) Sumbar melaksanakan seminar bertema “Perang Melawan Narkoba untuk Menyelamatkan Generasi Bangsa”, di Aula Kantor Wali Nagari Panti, Jum’at, (7/09/2018).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Pasaman, diwakili Staf ahli Bupati Hermanto, sejumlah perwakilan OPD Pemkab Pasaman, Dandim 0305 Pasaman, Kasat Narkoba Polres Pasaman, Roni, SH, Sekcam Panti, Wali Nagari Panti, Yefri Aldi, Majelis guru dari berbagai SLTA Se-Pasaman, serta sejumlah Siswa/siswi tingkat SLTA se Kabupaten Pasaman, di Aula Kantor Wali Nagari Panti, pada Jum’at (07/09/2018).

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, berjumlah 150 pelajar berasal dari utusan SLTA se Kabupaten Pasaman.

Ketua LSM DPD LSM Fopbindo Sumbar, Ahmad Husein Batubara, sekaligus Ketua panitia kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan, “kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu program kerja lembaganya.

Ia menjelaskan banyaknya pemuda dan pelajar yang terpengaruh dengan kecanduan Narkoba membuat prihatin DPD LSM Fopbindo Sumbar. Sebab itu, merasa perlu adanya tindakan menyelamatkan generasi muda Kabupaten Pasaman dari bahaya narkoba, ungkap Ahmad Husen.

Wali Nagari Panti, Yafri Aldi, dalam sambutannya menyampaikan sambil mengucapkan terimaksih kepada LSM Fopbindo, atas kegiatan itu sebagai bukti keprihatinan terhadap perkembangan Narkoba di Kabupaten Pasaman terutama dikalangan para pelajar.

“Mari kita bersama memerangi Narkoba di Kabupaten Pasaman”, katanya.

Bupati Pasaman yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Pasaman Hermanto, saat membuka acara ini mengapresiasi tinggi terhadap kegiatan yang diusung DPD LSM Fopbindo Sumbar yang telah melaksanakan kegiatan itu.

“Ia juga menegaskan, , “saatnya perang melawan Narkoba. “Kita harus perang melawan Narkoba, untuk generasi Pasaman berprestasi”, ujarnya.

Seiring dengan materi yang di sampaikan oleh Bupati tersebut, Kasat Narkoba, Roni, SH selaku narasumber menyampikan, faktor yang paling banyak pengguna Narkoba karena pergaulan bebas.

Di samping itu ia juga menjelaskan akan efek samping dari pencandu Narkoba, tidak ada yang baik, jika kecanduan tidak terhentikan dapat mengakibatkan kematian.

Bahkan pada kesempatan itu ia juga menyampaikan dan menunjukkan akibat dari pencandu Narkoba seperti rusak organ tubuh dan fisikologi kepada seluruh peserta.

Pada kesempatan itu juga Kasat Narkoba dari Polres Pasaman ini menyampaikan kepada seluruh peserta seminar, “bila ada anak dibawah umur pengguna Narkoba akan dilakukan tahap rehabilitasi, sebagai langkah penting dari para anak pencandu dari belenggu narkotika dan obat-obatan terlarang, sesuai perintah UU berlaku.

Para orang tua dan siswa diminta tidak segan melaporkan kepada pihak berwenang jika mengetahui anaknya kecanduan Narkoba. Itu perlu dilakukan agar si anak bisa direhabilitasi.

Seminar perang terhadap Narkoba tersebut Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Drs. Supriadi tidak tinggal diam dalam acara seminar itu, sehingga ia lebih menarik simpatik dan perhatian peserta seminar Perang Melawan Narkoba dengan berbagao Out Bond (Permainan) yang berorientasi tentang bagaimana generasi terhindar dari Narkoba.

Sehingga seminar yang disponsori oleh DPD LSM Fopbindo Sumbar tanpa terasa bagi peserta telah menghabiskan waktu sampai sore menjelang ma’rip bersama Kasat Narkoba Polres Pasaman dan Kabid Dikdas Dinas pendidikan itu.

Pada Jurnalis ini para peserta yang terdiri dari majelis guru dan siswa dari berbagai perguruan itu bermohon agar disampaikan pada Bupati Pasaman kegiatan serupa dapat lebih sering di selenggarakan baik tingkat pelajar SLTP maupun SLTA di Pasaman ini, karena besarnya manfaat yang di dapatkan oleh peserta seminar. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial