SEJUMLAH PELAJAR MELALUI GenRe HARUMKAN NAMA DAERAH PASAMAN

SEJUMLAH PELAJAR MELALUI GenRe HARUMKAN NAMA DAERAH PASAMAN Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama photo bersama dengan pelajar berprestasi melalui Kegiatan GenRe di Sawahlunto.

KOMINFO, Pasaman – Sejumlah Pelajar berprestasi kembali harumkan dunia Pendidikan di Pasaman dalam ajang temu kreativitas dan perkemahan Bhakti Saka Kencana tingkat Provinsi Sumatera Barat di Sawahlunto pada 28-31 Agustus 2018 kemaren.

Kesuksesan dan prestasi tersebut bukan mudah di dapatkan begitu saja oleh para sejumlah pelajar ini, namun melalui tahapan-tahapan yang cukup serius dan pengorbanan waktu, tenaga, pemikiran dan bahkan materi bagaimana bisa dapat meraih pringkat terbaik lagi menggembirakan untuk mengharumkan nama daerah yang sangat dicintai ini.

Lima gelar juara yang berhasil dipersembahkan para pelajar Pasaman ini ialah;

  1. Juara I lomba Storytelling,
  2. Juara II lomba tapak perkemahan putrid,
  3. Juara III untuk putra,
  4. Juara III lomba Entrepreneur dan
  5. Juara III lomba Adventure of genre.

Peraihan prestasi tersebut merupakan hasil bimbingan bersama dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) di bawah Pimpinan Dra. Hj Yusnimas, Apt, karena salah satu instansi yang berfartisifasi aktif dalam pembinaan remaja melalui program Generasi Berencana (GenRe).

Adapun tujuan yang akan di capai melalui Program GenRe adalah dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, juga menciptakan Ramah dan Tegar Remaja sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, bekerja, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduktisi.

Disamping itu, program GenRe bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan serta sikap dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi remaja, dalam meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan menyiapkan kehidupan berkeluarga sebagai upaya peningkatan kualitas generasi mendatang.

Yang menjadi sasaran Program GenRe ini adalah: Remaja (10-24 tahun) dan belum menikah, mahasiswa/mahasiswi belum menikah, keluarga, serta masyarakat peduli remaja.

Salah satu pendekatan yang di lakukan Program GenRe melalui Wadah Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) dan Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (SAKA KENCANA).

Pada kesempatan apel gabungan pagi itu, dengan penuh rasa syukur dan kegembiraannya Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama menyampaikan, kepada para remaja, di hadapan pasa peserta apel gabungan yang terdiri dari seluruh ASN yang berada di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, “kurangilah hura-hura dengan kegiatan yang kurang bermanfaat.”

“Belajar dan berjuanglah untuk masa depan, sebab sebuah perjuangan tidak akan mengingkari hasil yang diraih nantinya,” pinta Atos.

“Selain itu, ini merupakan hal yang sangat istimewa yang diraih pelajar kita di awal September ini. Paparnya kembali.

Tentunya prestasi ini menjadi contoh dan motivasi bagi para pelajar lainnya,” tutup Wakil Bupati Atos Pratama saat apresiasi para pelajar peraih juara dalam apel gabungan tersebut, Senin (3/9/2018). (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial