Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

  • Alamat : Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  • Telephone : (0753) 20090
  • Fax : (0753) 20090
  • Email : dpmptsppasaman@gmail.com
  • Website : https://dpmptsp.pasamankab.go.id/
  • Twitter : -

Drs.YUSNIMAR, Apt
NIP. 196506061993032006
Kepala Dinas

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu merupakan unsure pelaksana urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dibidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu,

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan menyelenggarakan pelayanan administrasi dibidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu dengan prinsip koordinasi,integrasi, singkronisasi, simplifikasi, keamanan dan kepastian

Dalam menyelenggarakan tugas pokok tersebut Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

1.       Pelaksanaan, penyusunan program kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

2.       Penyelenggaran pelayanan administrasi penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu

3.       Pelaksanaan koordinasi proses penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu

4.       Pelaksanaan administrasi penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu

5.       Pemantauan dan evaluasi proses pemberian pelayanan penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu

Selanjutnya Struktur Organisasi dan Tugas Pokok dan Fungsi ditetapkan melalui Peraturan Bupati Pasaman nomor 37 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Susunan Organisasi Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasaman secara lengkap terdiri dari :

    1. Kepala Badan
    2. Sekretariat, terdiri dari :
  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Sub Bagian Keuangan, Evaluasi Dan Pelaporan
    1. Bidang Penanaman Modal terdiri dari :
          1. Seksi Fasilitasi Penanaman Modal;
          2. Seksi Promosi Investasi;
          3. Seksi Pemanfaatan Panas Bumi.
    2. Bidang Pelayanan Perizinan terdiri dari :
  1. Seksi Penerimaan dan Penelitian Perizinan;
  2. Seksi Penetapan dan Penerbitan Izin;

5.   Bidang Pengembangan Sistem Informasi, Data Dan Pengaduan terdiri dari :

  1. Seksi Pengembangan Sistem Informasi Dan Data
  2. Seksi Hukum, Pengaduan dan Pengawasan

 

Selanjutnya Tugas Pokok dan Fungsi dijabarkan berdasarkan Susunan Organisasi sebagai berikut:

  1. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Kepala Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mempunyai tugas:

    1. memimpin pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daera
    2. merumuskan Perencanaan Strategi (Renstra) dalam kegiatan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai penjabaran lebih lanjut dan menjadi bagian dari Perencanaan Strategi (Renstra) Pemerintah Kabupaten agar dapat digunakan sebagai acuan kerja dalam rangka mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah
    3. merumuskan kebijakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai tindak lajut kebijakan Daerah berupa Peraturan Daerah dan keputusan Bupati serta kebijakan lainnya sebagai pedoman operasional pelaksanaan tugas
    4. menjabarkan kebijakan Bupat rinci dan jelas guna dilakukan tindak lanjut penyelesaiannya
    5. mengkoordinasikan kegiatan penanaman modal di Kabupaten Pasaman
    6. mengkoordinasikan SKPD terkait dalam pameran promosi investasi daerah
    7. mengkoordinasikan kegiatan pelayanan perizinan terpadu satu pintu di Kabupaten Pasaman
    8. menandatangani perizinan atas nama Kepala Daerah berdasarkan pendelegasian wewenang dari Kepala Daerah
    9. mendistrisibusikan pekerjaan kepada bawahan sesuai bidang tugasnya agar dapat diselesaikan secara proporsional
    10. memberikan petunjuk dan arahan kepada bawahan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan
    11. memeriksa hasil kerja pejabat dibawahnya melalui pemantauan pelaksanaan kerja agar diketahui tingkat pemahaman dan kedisiplinannya
    12. melakukan koordinasi dan konsultasi dengan lembaga lain serta SKPD terkait
    13. melakukan pengawasan dan pembinaan teknis serta administrasi kepada pejabat dibawahnya melalui prosedur serta mekanisme kerja yang sudah ditetapkan
    14. menyusun laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu setiap akhir tahun kepada Bupati sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku sebagai wujud pertanggungjawaban kinerja dalam rangka mewujudkan visi dan misi organisasi
    15. memberikan usul dan saran kepada atasan melalui telaah staf/nota dinas atau mekanisme lain yang terinci sebagai bahan pertimbangan penyelesaian suatu masalah
    16. menilai prestasi kerja bawahan melalui mekanisme penilaian yang berlaku sebagai cerminan kinerjanya
    17. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati dan
    18. melaporkan dan mempertanggungjawabkan kegiatan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan terpadu kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

 

  1. Sekretariat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Sekretaris mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam pengoordinasian penyusunan program dan penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu dan tugas pelayanan administratif Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Dalam menyelenggarakan tugasnya Sekretaris mempunyai fungsi:

  1. pengoordinasian penyusunan rencana dan program dinas
  2. pengoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas bidang secara terpadu
  3. pengelolaan administrasi surat menyurat, kearsipan, kepegawaian, perlengkapan dan aset serta urusan rumah tangga
  4. pengelolaan administrasi keuangan yang meliputi rencana anggaran, pembukuan, pertanggungjawaban dan laporan keuangan
  5. penyiapan data bahan evaluasi dan laporan kegiatan dinas serta berkala sebagai pertanggungjawaban tugas pada atasan
  6. penyusunan rencana kinerja tahunan dinas
  7. penyusunan laporan dan evaluasi pelaksanaan kinerja dinas secara berkala seperti LAKIP, LKPJ, LPPD, RKT, RENSTRA dan lain-lain
  8. penyusunan draf rancangan Peraturan Daerah dibidang Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  9. pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan.

 

  1. Bidang Penanaman Modal

Bidang Penanaman Modal, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di bidang penanaman modal. Dalam menjalankan tugasnya,  Bidang Penanaman modal mempunyai fungsi:

  1. Pengkajian, perumusan, pengusulan perencanaan dan kebijakan serta kerjasama penanaman modal
  2. Pelaksanaan dan koordinasi kebijakan dan kegiatan penanaman modal
  3. Penetapan norma, standar, dan prosedur pelaksanaan kegiatan pelayanan penanaman modal
  4. Pengembangan potensi, peluang dan promosi penanaman modal

 

  1. Bidang Pelayanan Perizinan

Bidang Pelayanan Perizinan, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di bidang pelayanan perizinan Dalam menjalankan tugasnya,  Bidang Pelayanan perizinan mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan dan perencanaan program lingkup pelayanan perizinan dan non perizinan
  2. Penyusunan petunjuk teknis lingkup pelayanan perizinan dan non perizinan
  3. Pelaksanaan program pelayanan perizinan dan non perizinan
  4. Pengkajian rekomendasi fan pengendalian penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan
  5. Pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkup pelayanan perizinan dan non perizinan

 

  1. Bidang Pengembangan Sistem Informasi, Data dan Pengaduan

Bidang  Pengembangan Sistem Informasi, Data dan Pengaduan, mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di bidang Pengembangan Sistem Informasi, Data dan Pengaduan Dalam menjalankan tugasnya,  Bidang Pengembangan Sistem Informasi, Data dan Pengaduan mempunyai fungsi:

  1. Perencanaan dan penyusunan program bidang pengembangan system informasi, data dan pengaduan
  2. Pelaksanaan dan penyusunan petunjuk teknis dan bahan kebijakan di bidang pengembangan, system informasi, data dan pengaduan masyarakat
  3. Pelaksanaan program bidang pengembangan system informasi, data dan pengaduan masyarakat
  4. Pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkup pengawasan pengendalian penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu

VISI : “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pasaman Yang Sejahtera, Agamis Dan Berbudaya”.

Penjabaran Visi Kabupaten Pasaman terdiri dari 3 (tiga) inti, yaitu :

Masyarakat Yang Sejahtera           : Suatu kondisi masyarakat Kabupaten Pasaman yang aman, makmur dan sentosa yang ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan kualitas hidup yang berdaya saing  serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan.

Masyarakat Yang Agamis               : Suatu kondisi masyarakat Kabupaten Pasaman yang taat dalam melaksanakan ajaran agama yang dipeluknya dengan penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang didukung oleh toleransi kehidupan beragama

Masyarakat Yang Berbudaya        : Suatu kondisi masyarakat Kabupaten Pasaman yang hidup dalam keharmonisan budaya dengan karakter  dan kepribadian yang baik dan luhur berlandaskan kebudayaan dan kearifan local serta upaya pengembangan dan pelestarian warisan budaya daerah

 

Dalam rangka pencapaian visi yang telah ditetapkan, maka dirumuskan 6 (enam) misi yang memuat tujuan, sasaran, strategi pembangunan periode kepemimpinan Kepala Daerah Tahun 2016-2021 adalah sebagai berikut :

1.       Meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta pemahaman dan pengamalan ajaran agama

2.       Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan pendidikan, kesehatan, sumberdaya manusia, dan penanggulangan kemiskinan

3.       Meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat yang berdaya saing dan mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam serta pengembangan pariwisata yang berwawasan lingkungan

4.       Mewujudkan peningkatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan serta penanganan bencana yang terpadu dan berkualitas

5.       Menyelenggarakan pemerintahan yang baik, bersih, dan terpercaya

6.       Mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah serta membangun karakter masyarakat

Dari tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan bagaimana hal tersebut akan dicapai, yaitu melalui penetapan kebijakan, program dan kegiatan. Kegiatan merupakan ketentuan yang telah ditetapkan untuk dijadikan pedoman dan petunjuk bagi seluruh aparatur Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasaman agar tercapai, kelancaran dan keterpaduan dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran, Program merupakan kumpulan kegiatan nyata, sistematis dan terpadu yang dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan. Kegiatan merupakan usaha untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, pada tahun anggaran 2019 DPMPTSP Kabupaten Pasaman mempunyai 7 Program dan 12 Kegiatan.

 

Program dan Kegiatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasaman Tahun 2019 adalah sebagai berikut :

I.        Program Pelayanan Administrasi Perkantoran, terdiri dari kegiatan:

                   1.  Administrasi perkantoran

                   2. Pemeliharaan sarana dan prasarana perkantoran

                   3.  Rapat Dan Koordinasi

          II.       Program Peningkatan sarana dan prasarana aparatur, terdiri dari kegiatan :

1.  Pengadaan peralatan dan mesin

III.      Program peningkatan disiplin aparatur

1.  Pengadaan pakaian aparatur

IV.     Program peningkatan pengembangan system pelaporan capaian kinerja dan keuangan, terdiri dari kegiatan:

  1. penyusunan laporan SKPD

 

V.      Program peningkatan promosi dan kerjasama investasi, terdiri dari kegiatan:

1.  Fasilitasi penanaman modal

2.  Kegiatan pameran/expo dalam dan luar propinsi

3. Kegiatan Pengendalian, Pengawasan dan pengaduan perizinan dan penanaman modal

VI.     Program pengembangan investasi dibidang pertambangan dan energy, terdiri dari :

1.  Fasilitasi pemanfaatan energy baru terbarukan

VII.    Program peningkatan dan pengembangan pelayanan perizinan

1.  Pelayanan perizinan terpadu

3.  System informasi perizinan

Dan berikut kami lampirkan dokumen pendukung dalam melaksanakan program kerja pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

LAKIP Tahun 2019 DPMPTSP

Laporan Keuangan DPMPTSP Tahun 2019

LKPJ DPMPTSP Tahun 2019

LPPD DPMPTSP Tahun 2019

RENJA DPMPTSP Tahun 2019

RTP DPMPTSP Tahun 2019

RENJA DPMPTSP Tahun 2020

RENSTRA DPMPTSP Tahun 2016-2021

IKU 2018 & PK Eselon II,III,IV 2019 DPMPTSP