Semarak Pawai alegoris Perjuangan Pelajar MTsN 3 Pasaman Suguhkan Busana Berbeda-beda

Semarak Pawai alegoris Perjuangan Pelajar MTsN 3 Pasaman Suguhkan Busana Berbeda-beda

Pasaman, Kominfo --- Semarak dirgahayu ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, Madrasah Tsanawiyah Negeri 03 Pasaman, Sabtu (19/8) sejak pagi ikut berpartisipasi memeriahkan pawai alegoris perjuangan kecamatan setempat.

Seluruh siswa-siswi tampak semangat mengikuti pawai yang bertujuan menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini kepada para siswa, mulai dari pra sekolah (PAUD), Taman Kanak-kanak, SD, SLTP/MTs, SMA/SMK se-Kecamatan Panti dan organisasi Naposa Nauli Bulung (Pemuda) berbaris menggunakan berbagai jenis atribut.

Hal itu di katakan salah seorang tenaga pendidik MTsN 03 Pasaman Khairuddin.SHUM kepada awak media ini di Terminal BUS Kecamatan Panti tadi.

Rasa nasionalisme dan cinta tanah air itulah yang ingin kami tanamkan kepada seluruh siswa sejak dini, dengan ikut pawai alegoris perjuangan yang di adakan oleh PHBN Kecamatan Panti,” ujar Khairuddin.SHUM.

Khairuddin.SHUM mengatakan, sekitar 854 siswa/siswi MTsN 03 Pasaman tampil dalam pawai alegoris perjuangan itu. Mereka tampil dengan pakaian yang berbeda-beda, mulai dari pakaian pahlawan, polisi, TNI, dan juga pakaian guru.

Malahan, berbagai jenis pakaian daerah di Indonesia, mulai dari sabang sampai merauke, yang menandakan banyaknya keragaman budaya bangsa kita yakni Indonesia, juga jadi busana siswa-siswi ini berpawai.

Khairuddin.SHUM menambahkan, selain di ikuti oleh siswa dan siswi, seluruh guru dari sekolah ini juga ikut berpartisipasi, terutama mendampingi siswa dalam kegiatan pawai tersebut.

“Dengan pawai alegoris perjuangan ini, kita berharap siswa/siswi yang mengikuti bisa mengerti dan mencintai budaya bangsa Indonesia, sesuai visi Pemkab Pasaman Sejahtera, Agamis, Berbudaya. Tandasnya.

Salah seorang siswi yang mengikuti kegiatan pawai nama panggilan Dian Br Hrp (14) siswi berasal dari Durian Kadap II Bahagia Padang Galugua Kecamatan Padang Gelugur, mengaku senang dan gembira dengan pawai alegoris perjuangan ini, kegiatan pawai semakin semarak dengan banyaknya keanekaragaman pakaian budaya yang di tampilkan setiap sekolah dan madrasah se-Kecamatan panti.

“Senang saja dengan pawai ini, apalagi ini merupakan pertama kali saya mengikuti pawai, sejak masuk ke madrasah MTsN 03 ini,” ucapnya singkat.

Pantauan awak media PASAMANKAB.GO.ID di lapangan, berbagai atribut seperti bendera, spanduk HUT RI dikibarkan para siswa/siswi saat pawai yang sebagian menggunakan pakaian unik, baik pakaian adat, pejuang 45, pakaian propesi, dan lainnya.

Bahkan ada salah seorang bocah yang bergabung di salah satu sekolah dasar (SD) menjadi pusat perhatian warga, karena ia berpenampilan seperti pahlawan Tuanku Imam Bonjol dengan menunggangi kuda dengan gagahnya.

Pawai alegoris perjuangan itu, berlangsung dengan meriah. Warga Kecamatan Panti Kabupaten pasaman dan dari kecamatan lainnya, tampak membanjiri sejumlah ruas jalan dari Terminal Bus Panti sampai Masjid Raya Suka Damai nagari Panti, tepatnya sekitar 1 (satu) kilometer.

Panjangnya barisan pawai alegoris perjuangan itu mulai dari Terminal Bus Panti sampai ke Masjid Raya Suka Damai nagari panti, di penuhi peserta pawai yang dominan para pelajar itu dan di padati ribuan penonton. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial