Bappeda Pasaman Laksanakan FGD Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD Kab Pasaman 2025-2029, Ini Pesan Bupati Pasaman

Bappeda Pasaman Laksanakan FGD Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD Kab Pasaman 2025-2029, Ini Pesan Bupati Pasaman

Pasamankab.go.id

Sesuai dengan amanat Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017  yang menyatakan bahwa Rancangan Teknokratik RPJMD menjadi salah satu acuan dalam Penyusunan Visi Misi dan Program Prioritas calon Kepala Daerah yang akan mengikuti Pilkda Tahun 2024, Hal tersebut disampaikan Choiruddin Batubara Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman saat memberikan sambutan pada acara Focus Group Discussion  (FGD) Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Pasaman Tahun 2025-2029 yang bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Pasaman, Senin (22/07/2024)

Lanjut Choiruddin Batubara, Sesuai dengan surat dari Kemendagri bahwa pada akhir bulan Juli ini Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD 2025-2029 sudah dapat di selesaikan, kami bersama Tim  Ahli dari Perguruan Tinggi Universitas Negeri Padang yang dipimpin Dr.Yulhendri, SE,MM telah menyusun draf Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Pasaman Tahun 2025-2029, dan nanti akan disempurnakan setelah mendengar, menghimpun masukan, saran, ataupun pemberian data data tambahan  dari seluruh OPD, Camat, Instansi Vertikal, dan Kepala Bagian Setda Kabupaten Pasaman. Sebut Kepala Bappeda saat sambutan FGD tersebut

“Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Pasaman Tahun 2025-2029 menjadi pedoman dalam menentukan arah kebijakan Pembangunan Kabupaten Pasaman pada penyusunan rancangan awal RPJMD Tahu 2025-2029 sebagai implementasi tahap pertama periodesasi RPJPD Kabupaten Pasaman Tahun 2025-2045”. Tandas Sabar AS Bupati Pasaman saat membuka secara resmi FGD Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Pasaman Tahun 2025-2029 di Aula Bappeda Pasaman, Senin (22/07/2024).

Dalam sambutan Nya, Sabar AS juga menegaskan bahwa berdasarkan surat Mendagri bahwa rancangan teknokratik RPJMD Tahun 2025-2029 sudah harus selesai pada bulan Juli minggu ke IV 2024 dan diminta untuk segera berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah, dan kepada seluruh Kepala Perangkat
Daerah untuk memberikan saran, masukan data dan informasi yang diperlukan dalam penyusunan Rancangan Penyusunan Teknokratik RPJMD ini, Harapan Bupati Pasaman.

Pada Sambutan Nya, Sabar AS Bupati Pasaman juga menyampaikan pandangan dan pemikiran Nya untuk menjadi materi dalam rancangan Teknokratik RPJMD 2025-2029, yakni rumusan terkait keberlanjutan program dan kegiatan yang tertuang dalam RPJMD 2021-2025, dari 10 program prioritas tentu ada yang wajib dilanjutkan  dan mungkin ada yang perlu dipertimangkan, yang wajib seperti Pasaman berimtaq, Pasaman sehat, Pasaman cerdas, Pasaman tujuan wisata, dan sebagainya. Tutur Sabar AS

Lanjut Sabar AS, Rancangan Teknokratik RPJMD ini tentu juga harus berpedoman pada periode RPJPD 2025-2045 , karena periode 2025-2029  merupakan tahap membangun pondasi pembangunan yang kuat menuju Indonesia Emas 2045. Rancangan Teknokratik RPJMD 2025-2029 juga tentu harus memuat potensi dan kajian kemampuan keuangan daerah termasuk bagaimana strategi kita dalam mencari sumber sumber pembiayaan baik pendapatan asli daerah maupun dana transfer dan lainya. Ungkat Sabar AS Bupati Pasaman.

Terkait isu nasional dan internasional, Sabar AS juga minta untuk dibahas, seperti Stunting, kemiskinan, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan lain lain sehingga tergambar dengan jelas permasalahan, arah kebijakan dan target capaian untuk 5 tahun kedepan. Jelas Sabar AS.

Diakhir sambutan Nya, Sabar AS Bupati Pasaman mengucapkan terimakasih kepada Tim Ahli yang telah berkenan untuk menganalisa dan merumuskan hal hal yang diperlukan dalam dokumen Rancangan Teknokratik RPJMD ini, semoga bermanfaat dalam penyediaan dokumen yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembangunan Kabupaten Pasaman pada periode 2025-2029. Sembari mengakhiri sambutan  Nya.

Dari pantuan media di lapangan, peserta FGD di hadiri oleh Bupati Pasaman Sabar AS, Sekda Pasaman, Para Asisten, Kepala OPD, Instansi Vertikal, Para camat, Para Kabag di Lingkungan setda Kab Pasaman, Tim

Ahli UNP, UIN Imam Bonjol.

#Diskominfo_Pasaman

Bagikan ke Jejaring Sosial