Pemilu Tinggal Sepekan Lagi, KPU Pasaman Nyatakan Logistik Siap

Pemilu Tinggal Sepekan Lagi, KPU Pasaman Nyatakan Logistik Siap

#Lubuksikaping,-- Ketua KPU Pasaman, Taufiq, nyatakan bahwa kesiapan logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Pasaman sudah maksimal.

“Sesuai tahapan Pemilu 2024, kesiapan logistik Pemilu oleh KPU Pasaman cukup baik. Sekira ada logistik yang belum mencukupi, langsung kita laporkan dan koordinasikan dengan KPU-RI maupun KPU Provinsi Sumbar,” ujar Taufiq.

Hal itu disampaikan Taufik dalam rapat koordinasi (Rakor) bersama Pemda Pasaman, pihak pengamanan pemilu dan Wartawan, Selasa (06/02/24) malam, di Lubuk Sikaping.

Selain itu, lanjutnya, KPU Pasaman juga harus meluruskan informasi terkait banyak berita beredar yang mengatakan bahwa ada dokumen C Plano (Hasil) Dapil Sumbar IV DPRD Provinsi yang tercecer di daerah Padang Pariaman.

Kepada Wartawan dijelaskan, bahwa pertengahan Januari 2024 lalu, KPU Pasaman menerima kedatangan sebuah mobil box (pihak ekspedisi) dengan kondisi box belakang yang terkunci guna mengantarkan dokumen C Hasil (Plano) DPRD Provinsi Sumbar IV. Penerimaan ini turut disaksikan pihak Bawaslu Pasaman dan kepolisian.

"Pada tanggal 15 Januari 2024, KPU Pasaman mendapatkan info dari Ketua KPU Padang Pariaman bahwa pihaknya menemukan dokumen C Hasil DPRD Sumbar IV tercecer di Kayu Tanam (yang didapat warga dan dilaporkan ke Panwascam Kayu Tanam). Dan pada tanggal 20 Januari, Ketua Padang Pariaman kembali menginfokan ada lagi yang tercecer di Kayu Tanam (juga dilaporkan oleh Panwascam Kayu Tanam),” ungkap Taufiq.

Selanjutnya, ujar Taufik, seperti diketahui, bahwa C Hasil DPRD Provinsi Sumbar IV ada dua kabupaten, yakni Pasaman dan Pasaman Barat. Tentu respon dari KPU Pasaman langsung menghitung jumlah sesuai kebutuhan satu TPS satu set.

“Setelah kami hitung, sesuai yang kami terima dari pihak ekspedisi jumlahnya cocok dengan jumlah yang kami butuhkan, yakni 941 set untuk 941 TPS. Setelah dikoordinasikan dengan pimpinan kami di KPU Provinsi Sumbar, diarahkan agar kami segera menjemput dan mengamankan dokumen C Hasil itu di KPU Pasaman,” ungkap Taufiq lagi.

Setelah dijemput oleh Kordiv Hukum KPU Pasaman, Elvie Syafni ke Padang Pariman dan dibuat berita acara serta disaksikan Bawaslu, Dokumen C Hasil DPRD Provinsi Sumbar IV langsung diamankan di kantor KPU Pasaman.

“Kenapa tidak diletakan di gudang resmi KPU Pasaman, karena dokumen ini tidak teregister untuk ditempatkan di gudang KPU,” jelasnya.

Terkait kenapa bisa tercecer, Taufiq menjelaskan, bahwa KPU Pasaman tidak mengetahui hal tersebut karena itu adalah tanggung jawab pihak ekspedisi.

“Kenapa dokumen C Hasil DPRD Provinsi Sumbar IV bisa tercecer, hal ini bisa diklarifikasi ke pihak ekspedisi karena itu adalah tanggungjawab mereka. Sementara kewenangan KPU Pasaman hanya menerima di gudang logisitik Pemilu 2024,” tegas Taufiq pula.

Anggota KPU Pasaman, Juli Yusran menambahkan, bahwa dalam pengadaan gudang logistik pemilu telah melalui prosedur yang baik dan transparan.

“Tentang pengadaan gudang logisitik, tidak ada istilahnya diadakan di tengah jalan. Semua dilalui dengan proses keterbukaan dengan diketahui Bawaslu Pasaman dan stakeholder terkait,” terang Juli.

Ia juga menjelaskan, bahwa KPU Pasaman senantiasa melakukan koordinasi dengan Bawaslu Pasaman dan stakeholder terkait, untuk kesiapan Logistik Pemilu 2024 ini.

“KPU Pasaman selalu bekerja professional dan transparan, tidak ada satu pun tentang kesiapan logistik Pemilu 2024 ini yang ditutup-tutupi, semuanya kita beritahukan kepada Bawaslu Pasaman dan stakeholder terkait. Begitu juga dengan Aplikasi SILOG, bahwa KPU Pasaman sudah memberikan akses Sistem Informasi Logistik (SILOG) kepada Bawaslu Pasaman. Dan, seluruh data logistik selalu dilaporkan kepada KPU-RI maupun KPU Provinsi melalui SILOG,” pungkas putra Dua Koto ini.

Hadir dalam rakor kesiapan logistik Pemilu 2024 tersebut, Polres, Kejaksaan, Kesbangpol Pasaman, BIN dan awak media se-Pasaman.-(*)

Bagikan ke Jejaring Sosial