Percepat Penyaluran Bantuan KK Miskin, Bupati Pasaman Serahkan Sepeda Motor Untuk Petugas PKH dan TKSK

Percepat Penyaluran Bantuan KK Miskin,  Bupati Pasaman Serahkan Sepeda Motor Untuk Petugas PKH dan TKSK

#Guna mengurangi kesusahan masyarakat pasca Pandemi Covid-19, di Pasaman, Bupati Benny Utama realisasikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM), di halaman Kantor Dinas Sosial Kabupaten Pasaman, Senin (5/12) siang.

"BLT BBM diberikan dalam upaya membantu masyarakat untuk meringankan biaya hidup, akibat kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM," ungkap Benny Utama.

Dan untuk kelancaran program, Bupati Pasaman turut menyerahkan kendaraan roda dua kepada Tenaga Kesehahteraan Sosial Kecamatan ( TKSK ) dan pendamping Program Keluarga Harapan ( PKH ) di masing-masing kecamatan. 

"Ini salah satu program jangka pendek dalam menurunkan angka kemiskinan, yang sasaranya adalah masyarakat yang berada di bawah kemiskinan," ujar Bupati Benny Utama. 

Dijelaskan, untuk program BLT BBM tahun 2022, Pemkab Pasaman telah menganggarkan Rp.2.585.250.000,- yang  disalurkan kepada 5.745 keluarga penerima manfaat, dengan rincian per KK sebesar Rp.450.000,..

Selanjutnya, ketentuan keluarga pemerima manfaat diantaranya keluarga yang termasuk dalam kemiskinan ekstrim dan belum dapat bantuan, keluarga pemerima manfaat PKH / BPNT yang saldo Nol serta keluarga dengan Disabilitas, anak terlantar dan lansia terlantar.

"Diharapkan, dengan adanya bantuan ini, keluarga pemerima manfaat yang menggunakan BLT BBM dapat terbantu untuk pemenuhan biaya hidupnya," ujar Bupati Benny Utama.

Dalam kesempatan tersebut BupatiPasaman menyerahkan secara simbolis dua sepeda motor dan BLT BBM kepada enam orang penerima.

Jumlah kendaraan roda dua yang diserahkan sebanyak 25 unit, dengan rincian 12 unit untuk petugas TKSK, 12 unit pendamping PKH dan 1 unit buat koordinator PKH kabupaten.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasaman, M. Ikhsan, SIP. Msi dalam laporanya mengatakan, penyaluran blt bbm di Pasaman bekerjasama dengan Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping dan Bank Nagari Cabang Tapus. Sementara daerah yang jauh dilaksanakan secara komunitas.

"Dengan adanya kesediaan dan bantuan kerjasama Bank Nagari, penyaluran bantuan tersebut bisa terealisasi secepatnya," lapor Ikhsan.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bank Nagari Lubuk Sikaping, Henry Suhairi yang popular disapa Pak Jiji Palaji, menyatakan pihaknya siap mendukung program - program Pemerintah Kabupaten Pasaman, termasuk penyaluran BLT BBM.

Mengingat luasnya wilayah Kabupaten Pasaman dan sebaran penduduk yang terpencar jauh, Bank Nagari bersama Dinas Sosial Kabupaten Pasaman akan menyalurkan langsung ke keluarga penerima manfaat, termasuk membantu pembuatan rekening. 

"Sebagaimana pesan Pak Bupati tadi, mengingat waktu tinggal beberapa hari lagi menjelang akhir tahun, maka kita akan percepat proses penyaluran bantuan di seluruh wilayah kabupaten Pasaman," ujar Jiji Palaji.-(*)

Bagikan ke Jejaring Sosial