POLRES PASAMAN LAKSANAKAN APEL GELAR OPERASI KETUPAT SINGGALANG 2022

POLRES PASAMAN LAKSANAKAN  APEL GELAR OPERASI KETUPAT SINGGALANG 2022

Humas, Diskominfo Pasaman

Dalam rangka cipta kondisi dan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Polres Pasaman laksanakan apel gelar Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2022 yang bertempat di halaman Mapolres Pasaman, Jum’at (22/04/2022)

Apel Gelar Operasi Ketupat Singgalang 2022 di ikuti oleh satuan Polres Pasaman, Satuan Kodim 0305/Pasaman, BPBD, Satpol PP & Damkar, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman, Sabar AS Wakil Bupati Pasaman bertindak selaku pengambil apel saat gelar operasi Ketupat Singgalang 2002, dengan komandan apel IPDA Armen Nasir,SH dari Polres Pasaman.

Pencanangan Operasi Ketupat Singgalang tahun 2022 ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Sabar AS sewaktu apel gelar operasi Ketupat Singgalang  di Mapolres Pasaman, dan dilanjutkan dengan pemasangan pita kepada masing masing perwakilan dari satuan Polres Pasaman, satuan Kodim 03035/Pasaman, Satpol PP & Damkar, dan satuan Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman.

Dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 yang jatuh pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 serta cuti bersama tanggal 29 April, serta 4-6 mei 2022, Pemerintah telah memberikan kelonggoran kepada masyarakat, seperti diperbolehkanya mudik, dan bepergian. Namun demikian Covid-19 belum selesai di Indonesia, untuk itu kita berharap kepada Satuan Polres Pasaman, Satuan Kodim 0305/Pasaman. OPD terkait terkait seperti Satpol PP & Damkar, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan steakholder lainya untuk bersama sama menjaga beberapa objek yang ramai dikunjungi, seperti masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, dan tempat lainya agar penyebaran Covid-19 tidak terjadi. Hal tersebut disampaikan Sabar AS Wakil Bupati Pasaman sewaktu memberikan pidato saat pelaksanaan apel gelar operasi Ketupat Singgalang tahun 2022 di Halam Mapolres Pasaman.

Sabar AS juga menyatakan bahwa untuk antisipasi penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022, beberapa langkah harus diambil diantaranya adalah : dengan melakukan himbauan kepada masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan, mendorong pelaku tempat wisata untuk memastikan aplikasi lindung diri terpasang pada alat yang digunakan, melaksanakan pengamanan ibadah Idul Fitri di Masjid Masjid dan di lapangan, mengawasi perjalanan masyarakat pada sarana sarana transportasi agar masyarakat terhindar dari penyebaran Covid-19, melakukan testing, tracking, dan readmen terhadap kasus yang terkonfirmasi Covid-19, melakukan rekayasa lalu lintas pada ruas jalan terentu untuk arus mudik, arus balik, dan arus yang menuju tempat wisata, dan informasi melalui media center  secara masif, sehingga masyarakat dapat mengatur rencana perjalanannya. Kata Sabar AS.

Adanya predikasi gangguan kamtibmas dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri yang harus kita sikapi seperti ancaman terorisme, premanisme, kenaikan harga, dan kelangkaan bahan pokok, permainan harga, antrian dan kelangkaan BBM, serta penyakit masyarakat dan lainya. Untuk itu saya berharap pelaksanaan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2022 benar benar dilaksanakan secara optimal agar perjalanan arus mudik, arus balik benar benar lancar, dan gangguan kamtibas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ungkap Sabar AS.

Diakhir pidatonya, Sabar AS meminta kepada segenap Tim Operasi Ketupat Singgalang tahun 2022 Kabupaten Pasaman untuk menjaga stamina, kesehatan, mental, dan fisik selama Operasi ketupat, dan jadikan pelaksanaan tugas ini sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang tahun 2022, dan untuk antisipasi kemacetan, kita akan menyebar anggota ke lapangan pada penggal penggal  jalan yang diprediksi akan terjadi kemacetan dan akan membentuk Tim Urai. Hal ini disampaikan IPTU Yusra Warman,SH Kasat Lantas Polres Pasaman saat dilakukan konfirmasi oleh awak media ini di di Mapolres Pasaman.

IPTU Yusra Warman juga menyampaikan bahwa untuk antisipasi kemacetan bagi pemudik yang pulang kampung, kami akan mendirikan 3 pos, diantaranya adalah Pos Pelayanan di Muaro Cubadak, Pos Pelayanan di Rimbo Panti, dan Pos Pelayanan di Equator. Tutur Nya.

 

 

 

Bagikan ke Jejaring Sosial