Taruna Gabungan AKPOL, AKMIL, IPDN dan BSSN Latihan Integrasi Di Pasaman

Taruna Gabungan AKPOL, AKMIL, IPDN dan BSSN Latihan Integrasi Di Pasaman

Pasaman, 20 Mai 2023.

#Sebanyak 230 Peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII/2023, memulai aktifitas dan kegiatan di Kabupaten Pasaman, terhitung 20 Mai hingga 8 Juni 2023. 

Para Taruna gabungan dari Akademi Kepolisian, Akademi Militer AD, AU, AU dan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) serta Akademi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berjumah 230 orang dengan 43 orang Antap, pengasuh dari Yontarlat Elang Akademi Angkatan Udara.

Kedatangan peserta Latsitarda disambut Bupati Pasaman, Kapolres dan Dandim beserta pejabat Pemkab Pasaman yang dipimpin Sekda Drs. H. Mara Ondak, MM, termasuk PJU  Polres dan Perwira Kodim 0305 Pasaman, di Komplek GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping, Sabtu (20/05).

Rombongan Latsitardanus bertolak dari Pelabuhan Teluk Bayur pada pukul 06.15 Wib menggunakan 10 Bus milik Polda Sumbar, dipandu tiga mobil Patwal Satlantas Polres Pasaman, dan tiba di Lubuk Sikaping pada pukul 11.00 Wib siang.

Dalam sambutannya, Bupati Pasaman H. Benny Utama mengucapkan selamat datang dan memperkenalkan sekilas Kabupaten Pasaman, menyangkut adat budaya serta iklim Pasaman yang sejuk dan masyarakatnya yang terbuka menyambut kedatangan Taruna Latsitarda.  

"Selain agenda kegiatan physik, nantinya anak-anak sekalian akan diarahkan juga untuk berkunjungan ke sekolah-sekolah, guna memotifasi dan menumbuhkan minat pelajar Pasaman, menjadi Taruna maupun Taruni Akademi Militer dan Akpol," kata Bupati H. Benny Utama.

Kapolres AKBP Yudho Huntoro dan Dandim Pasaman Letkol. Inf. Putra Negara, dalam arahannya minta adik-adik Tarunanya menjaga sikap selama masa masa integrasi Latsitarda. 

"Kalian harapan orang tua dan keluarga, jangan sampai akibat sikap-sikap yang tidak terpuji selama masa integrasi lapangan ini, bisa membuat kalian gagal dilantik jadi perwira," pesan Dandim dan Kapolres, yang juga alumnus Akmil dan Akpol tersebut. 

Setiba di Lubuk Sikaping, peserta Latsitarda dikumpulkan di gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping dan dijamu makan siang bersama Forkopimda Pasaman, sebelum diantar ke rumah Induk Semang masing-masing yang tersebar di Kecamatan Lubuk Sikaping dan Bonjol.

Secara resmi, kegiatan Latsitardanus XLIII Kabupaten Pasaman ditandai dengan upacara pembukaan di Halaman Kantor Bupati Pasaman, pada hari Senin (22/5), sekaligus penampilan Marching Band yang dibawakan taruna gabungan Akpol, Akmil dan IPDN.-))*

Bagikan ke Jejaring Sosial