WAGUB SUMBAR DAN WABUP PASAMAN IKUTI OLAH RAGA ARUNG JERAM DI BATANG ALAHAN PANJANG BONJOL

WAGUB SUMBAR DAN WABUP PASAMAN IKUTI OLAH RAGA ARUNG JERAM DI BATANG ALAHAN PANJANG BONJOL

HumasKominfo

Audy Joinaldy Wakil Gubernur Sumatera Barat, Sabar AS Wakil Bupati Pasaman, Kepala Dinas Pariwisata  Provinsi Sumatera Barat, Ketua PAJI Sumbar, dan beberapa Kepala OPD mengikuti olah raga Arung Jeram di Batang Alahan Panjang Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, (Minggu 06/02/2022)

 

Dalam rangka memajukan kepariwisataan, Audy Joinaldy Wakil Gubernur Sumatera Barat, Drs.Luhur Budi Anda Syawir,M.Si Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, melakukan kunjungan kerjaselama 2 hari, tanggal 5-6 Februari 2022 di Kabupaten Pasaman.

 

Sesuai dengan jadwal, dimana pada hari kedua kunjungan kerja Wakil Gubernur Sumatera Barat di Kabupaten Pasaman adalah mengikuti olah raga Arung Jeram yang dilaksanakan di Batang Alahan Panjang Kecamatan Bonjol. Pada pelaksanaan kegiatan olah raga arung jeram tersebut diikuti oleh 7 perahu yang terdiri dari: perahu pertama dengan peserta Audy Joinaldy, Sabar AS, Kadis Pariwisata Prop.Sumbar, dan kru, perahu kedua dengan peserta adalah Plt.Kadis Kominfo, Asisten Administarsi Umum, Asisten Administrasi Pembangunan, Asisten Administrasi Pemerintahan dan kru, dan perhu selanjut Nya berasal dari Tim FAJI Sumbar.

 

Pelaksanaan olah raga arung jeram tersebut, dengan mengambil start di kuliner Bonjol dengan menempuh jarak lebih kurang 5 Km dengan waktu tempuh lebih kurang 1 jam dengan melewati beberapa tempat bersejarah seperti tempat jatuhnya pesawat Belanda yang tembak oleh para pejuang Padri saat penjajahan Belanda, dan finish di dekat jembatan Kumpulan, tepatnya disamping rumah makan di tepi Batang Alahan Panjang Bonjol

 

Zuhrizul, Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia Cabang Sumbar yang sekaligus sebagai peserta arung jeram di Batang Alahan Panjang, kepada awak media ini  mengatakan bahwa Batang Alahan Panjang di Kecamatan Bonjol ini sangat cocok di jadikan tempat wisata arung jeram, dan bahkan Batang Alahan Panjang ini juga memenhui standar untuk dijadikan iven nasional dan bahkan iven internasional olah raga arung jeram, karena Batang Alahan Panjang sangat dekat dengan akses jalan utama, dan kami berencana akan memasukan ke dalam kalender pertandingan olah raga arung jeram tingkat Sumbar, Indonesia, dan bahkan Internasional. Sebut Zuhrizul Ketua FAJI Sumbar.

 

Konfirmasi yang dilakukan awak media ini kepada Kepala Dinas Pariwsata Provinsi Sumatera Barat terkait dengan Bonjol untuk dijadikan icon Destinasi Wisata Sumbar, Drs.Luhur Budianda  Syawir,M.Si menyampaikan bahwa sesuai dengan pembicaraan kami dengan Bupati Pasaman, Bonjol akan dijadikan Wisata unggulan Kabupaten Pasaman, karena Bonjol sudah memenuhi syarat seperti adanya wisata arung jeran, wisata kuliner, wisata sejarah,  wisata religi, dan wisata equator. Ungkap Luhur Budianda.

 

Lanjut Luhur Budianda Syawir, kami berharap agar setiap pelaku pariwisata, dan semua stakeholder untuk bersama sama memajukan pariwisata Bonjol ini, karena Bonjol punya potensi wisata yang bisa andalkan, dan kepada insan pers, kami juga mengajak mari bersama sama untuk menjual dan memasarkan pariwisata Bonjol, baik domestik maupun mancanegara. Tutur Nya.

 

Dari Pantauan awak media ini, perahu arung jeram yang pertama memasuki finish adalah perahu yang dinahkodai oleh Audy Joinaldy Wagub Sumbar dan Sabar AS Wabup Pasaman.

 

 

Bagikan ke Jejaring Sosial