Balai Bahasa Sumbar Gelar Penyuluhan EBI di Pasaman

Balai Bahasa Sumbar Gelar Penyuluhan EBI di Pasaman

KOMINFO, Pasaman --- Penyuluhan penggunaan bahasa media luar ruang bagi pengusaha Digital Printing, perwakilan organisasi wartawan dan instansi pelayanan Pemkab. Pasaman, dilaksanakan di Lubuk Sikaping, selama tiga hari, Senin --.Rabu (25 --27 /11).

Acara yang diikuti 30 orang peserta ini, dibuka Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman, diwakili Budhi Hermawan, SH, di Aula DPM Pasaman, Senin (25/11).

Kadis Kominfo dalam sambutannya menyambut baik kegiatan penyuluhan bahasa media luar ruang di Kabupaten Pasaman. Karena diakui masih sering terjadi kekeliruan dalam ejaan bahasa maupun pengunaan tanda baca di sejumlah media informasi yang ada di Kabupaten Pasaman.

"Kegiatan ini cukup penting dan strategis, untuk itu diharapkan kepada peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, karena akan banyak ilmu yang diperoleh, guna dapat diaplikasikan dalam bidang usaha dan pekerjaan yang saudara tekuni sehari-hari," ujar Budhi Hermawan.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan materi penyuluhan oleh Dr. Eva Krisna, M.Hum, tenaga penyuluh UPT Balai Bahasa Sumbar, dengan materi ejaan bahasa Indonesia, sesuai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).

Sejumlah peserta tampak antusias dan mengakui bahwa penyuluhan tersebut dapat menambah referensi penulisan kata dan kalimat yang benar, terutama di media informasi luar ruang dan tata naskah surat dinas di instansi pemerintah.

Salah satu peserta seminar, Afzal Edhy Nasution mengungkapkan ajang ini memberikan motivasi dan pembelajaran bernilai positif bagi peserta yang hadir.

Hal senada juga diakui Amex Printing, bahwa selama ini banyak melakukan kekeliruan dalam penulisan narasi di baliho, spanduk dan banner, yang dicetak digital printing miliknya.

"Dengan acara ini, akan menambah pengalaman dan memperkaya wawasan, serta menjadi referensi dalam melahirkan produk yang menggunakan bahasa, seperti karya jurnalistik media informasi luar ruang dan jenis media lainnya di instansi pemerintah," imbuh Hana Anafiah, S.Ag, Kasi Data Statistik Dinas Kominfo Pasaman.- (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial