Balai Latihan Kerja Lubuk Sikaping, Menjawab Visi Dan Misi Pemda Dengan Mencetak Tenaga Terampil Berkualitas

Balai Latihan Kerja Lubuk Sikaping, Menjawab Visi Dan Misi Pemda Dengan Mencetak Tenaga Terampil Berkualitas

KOMINFO, Pasaman --- Dalam menekan angka pengangguran dan menjawab visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya,  Pemerintah Daerah tengah mengupayakan berbagai hal. Salah satunya adalah menggelorakan fungsi Balai Latihan Kerja (BLK) di Lubuk Sikaping.

Melirik tingginya angka pengangguran di Kabupaten Pasaman masih didominasi oleh lulusan pendidikan Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama. Padahal, dewasa ini persaingan dunia kerja kian ketat saja.

Menyadari kondisi itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman berupaya mengasah kompetensi tenaga kerja agar sesuai kebutuhan industri, utamanya, melalui peran BLK yang digenjot Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman melalui konsep Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) yang pesertanya direkrut dari setiap nagari se- Kabupaten Pasaman.

Pelatihan lewat Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuk Sikaping siapkan SDM berkarakter dan berdaya saing, dengan konsep itu balai pelatihan kerja dapat berperan aktif. Hal tersebut diyakini dapat menjadi alternatif dalam menjawab tantangan ketenagakerjaan global yang semakin ketat.

Program yang berkompetensi meliputi in house training dan on the job training untuk Perbengkelan, Otomotif, Las, Bangunan, Menjahit, Tata Boga, Komputerisasi dan lainnya sesuai anggaran yang ada pada lembaga itu.

Dengan mengikuti program tersebut, peserta dibekali pelatihan dengan kompetensi untuk mengantisipasi perubahan teknologi dan kualifikasi pekerjaan yang berubah cepat.

Mereka peserta pelatihan juga dibekali pengetahuan manajemen, pengetahuan seputar perilaku organisasi serta hubungan industrial.

“Lulusan BLK akan menjadi tenaga kerja yang tidak hanya kompeten dan berdaya saing tinggi, tapi juga tersertifikasi sehingga cepat diserap industri, papar HARYADI. S. AP

Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuk Sikaping Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman HARYADI. S. AP kepada jurnalis Kominfo Pasaman, Rabu (06/03/2019) saat berkunjung pada lembaga itu menyampaikan, “Keberanian kita untuk mengikut sertakan peserta pelatihan pada BLK ini karena kita telah melihat dan merasakan bagaimana kemampuan kita dalam mencetak tenaga kerja yang siap pakai itu dan bahkan akan kita lebih memenej lagi yang lebih baik dan lebih produktif lagi jelasnya.

Lembaga ini berencana menjadikan BLK mampu menciptakan tenaga kerja yang tidak hanya masif, tetapi juga fokus sesuai kebutuhan dunia industri. Paparnya secara fulgar, bahagia, dan tersenyum manis, sambil mengajak jurnalis Kominfo Pasaman berkeliling meninjau lokasi dimana peserta sedang dilatih di BLK itu sekaligus memberikan kesempatan untuk mengambil dokumentasi kegiatan tersebut.

Dengan pelatihan ini pengangguran di Kabupaten Pasaman akan semakin menurun, dan juga BLK siap menjawab visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Sejahtera, agamis, dan Berbudaya.” Sekaligus berbagai upaya peningkatan kesempatan kerja oleh pemerintah terus menampakkan hasilnya dari waktu ke waktu.

Sebagai contoh, pada kesempatan ini  Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman memberangkatkan 22 orang anak-anak asal Kabupaten Pasaman ke Serawak Malaysia untuk bekerja di Kilang Forescom Plywood. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial