Bantuan Untuk 1.000 Unit Rumah Diserahkan Bupati H. Yusuf Lubis. SH. M.Si Untuk KKM Se-Pasaman

Bantuan Untuk 1.000 Unit Rumah Diserahkan Bupati H. Yusuf Lubis. SH. M.Si Untuk KKM Se-Pasaman

Lubuk Sikaping, PASAMANKAB.GO.ID --- Bupati H. Yusuf Lubis. SH. M. Si di dampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Ir. Rosben Aguswar. M. Si dan Kepala Cabang Bank BNI Lubuk Sikaping dihadapan peserta apel gabungan ASN lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada masyarakat Kabupaten Pasaman sebanyak 1.000 unit rumah, yang penerimanya tersebar pada 9 (sembilan) kecamatan se-Kabupaten Pasaman antara lain;

  1. Kecamatan Tigo Nagari sebanyak 90 unit rumah.
  2. Kecamatan Simpang Alahan Mati (SIMPATI) sebanyak 58 unit rumah.
  3. Kecamatan Bonjol sebanyak 181 unit rumah.
  4. Kecamatan Lubuk Sikaping sebanyak 231 unit rumah.
  5. Kecamatan Panti sebanyak 115 unit rumah.
  6. Kecamatan Padang Gelugur sebanyak 60 unit rumah.
  7. Kecamatan Rao sebanyak 129 unit rumah.
  8. Kecamatan Rao Selatan sebanyak 60 unit rumah.
  9. Dan Kecamatan Rao Utara sebanyak 76 unit rumah.

Bupati H. Yusuf Lubis. SH. M. Si menyerahkan bantuan tersebut dalam bentuk rekening Bank dari BNI Cabang Lubuk Sikaping masing-masing masyarakat penerima mendapatkan senilai Rp 17.500.000,- (Tujuh belas juta lima ratus ribu rupiah) per unit rumah, dengan rincian penggunaannya;

  1. Untuk membeli bahan bangunan Rp 15.000.000,-
  2. Untuk upah Rp 2.500.000,-
  3. Jadi Untuk 1.000 unit rumah X 17.500.000,- = 17.500.000.000,- (Tujuh Belas Meliar Lima Ratus Juta Rupiah)

Penyerahan bantuan tersebut disaksikan oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Mara Ondak, Kepala atau pimpinan Bank BNI Cabang Lubuk Sikaping, Staf Ahli, Asisten, Kepala-kepala OPD, dan seluruh ASN peserta apel gabungan di pelataran Kantor Bupati Pasaman, Senin (15/07/2019).

Kegiatan ini merupakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Pasaman tahun 2019 melalui Bidang Perumahan Rakyat Kebersihan dan Pertamanan (PRKP) dengan Kepala Bidangnya Budi Cendikia Putra, di Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman dibawah Pimpinan Ir. Rosben Aguswar. M. Si.

Dan program ini, merupakan kegiatan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR (BSPS Strategis) dan Satuan Non Vertikal (SNVT) penyediaan Perumahan Swadaya Provinsi Sumatera Barat.

Adapun program dan kegiatan ini sudah dijalankan di Kabupaten Pasaman semenjak tahun 2017 sampai pada saat ini, dalam pelaksanaannya di lapangan didampingi oleh sejumlah fasilitator yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Pusat sampai selesai.

Adapun rincian bantuan yang disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Pasaman selama tiga tahun ini diantaranya:

  1. Pada tahun 2017 Kabupaten Pasaman mendapatkan bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 250 (dua ratus lima puluh) unit rumah.
  2. Pada tahun 2018 kembali Kabupaten Pasaman mendapatkan bantuan Stimulan Perumahan swadaya (BSPS) sebanyak 470 (empat ratus tujuh puluh) unit rumah.
  3. Dan berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Nomor: 21/KPTS/Dr/2019 tanggal 25 februari 2019 kembali lagi Kabupaten Pasaman mendapatkan alokasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) lebih banyak dari 2 (dua) tahun sebelumnya, yaitu 1.000 (seribu) unit rumah.

Nama-nama penerima rekening Bank BNI Cabang Lubuk Sikaping secara simbolis itu adalah;

  1. Ketua KPB anggrek Sundatar NORA LESTIA PUTRI.
  2. Ketua KPB Katinangan Nagari Simpang SYAHRIL.
  3. Ketua KPB Makmur Bersama Nagari Tanjung Beringin Lubuk Sikaping NASWARDI.

(TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial