BBPSDMP Kominfo - Medan adakan Bimbingan Teknis Junior Public Relations bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Pasaman

BBPSDMP Kominfo - Medan adakan Bimbingan Teknis Junior Public Relations bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Pasaman

Pasaman - Bimbingan Teknis Junior Public Relations Bagi Aparatur Sipil Negara pada Pemerintah Kabupaten Pasaman, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Pasaman Drs. H. Maraondak, Senin (19/10/20).

Bimtek dilaksanakan selama 5 hari, dari tanggal 19 sampai 23 Oktober 2020, yang diikuti sebanyak 40 orang peserta dari utusan SKPD dilingkungan Pemda Pasaman, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan covid 19 di Aula Lantai III Kantor Bupati Pasaman merupakan kerjasama antara Pemda Pasaman dan Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo - Medan


Kepala BBPSDMP Kominfo - Medan, Drs Irbar Samekto, MSi dalam pengantarnya mengatakan tujuan dilaksanakannya Bimtek Junior Public Relations oleh BBPSDMP Kominfo - Medan adalah untuk memberikan dukungan Fungsi Government Public Relation, dimana humas harus mengubah pola pendekatan kepada masyarakat, yakni dari cara kuno ke modern yang lebih partisifatif. 


Selain itu, humas harus mampu mengajak masyarakat menjadi bagian dari proses pembangunan sehingga ada jalinan emosional dengan humas, dan  masyarakat pun akan merasa memiliki tanggungjawab dan melakukan sharing kepedulian yang lebih banyak lagi dalam membangun bangsa ini, ungkap Ibrar Samekto.


Sementara itu Drs. Maraondak, Sekda Pasaman dalam sambutan pembukaan menyampaikan, Humas pemerintah merupakan ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja pemerintah.  Selain itu, humas sebagai corong atau sumber informasi, dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang sangat cepat terutama menghadapi perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi.


Ia juga menyampaikan, Humas pemerintah diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan pengelolaan informasi di setiap instansinya, serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mensukseskan berbagai program pemerintah yang hasilnya dapat dinikmati oleh publik. 


Untuk meningkatkan kemampuan, perangkat  humas harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya media sosial sehingga dapat mengetahui kebutuhan publik. Lebih penting lagi, humas harus menjalin sinergi dan akrab dengan wartawan, agar dapat mengontrol informasi yang disampaikan kepada publik, jelas Maraondak.


Maraondak juga mengatakan  pada prinsipnya, pada era keterbukaan informasi publik, posisi humas harus berperan penting dalam menjaga citra positif lembaga pemerintahan, agar visi dan misi Pemerintah  dapat dilaksanakan dengan penuh semangat kerja, dengan kuncinya antara lain Humas harus mampu menggunakan Teknologi  Informasi dan Komunikasi dan Humas Bersinergi dengan wartawan.


Kepala Dinas Kominfo Pasaman, Williyam Hutabarat, S.Kom kepada para awak media mengatakan, bahwa penyelenggaraan Bimtek ini merupakan hasil koordinasi Pemda Pasaman dengan BBPSDM Kominfo - Medan, yang seluruh biaya penyelenggaraan bimtek ditanggung oleh BBPSDMP Kominfo, dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan kehumasan bagi ASN di Pasaman.


“Karena Humas harus membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan terpercaya, Artinya, humas pemerintah dituntut meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi serta mempermudah akses informasi tersebut bagi masyarakat” tutup  Williyam Hutabarat.

Bagikan ke Jejaring Sosial